Lihat ke Halaman Asli

Jehezkiel.

mahasiswa

Rian Kuswanto, Pemuda yang Menularkan Virus Kebaikan

Diperbarui: 18 Agustus 2021   16:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

photo dari https://www.instagram.com/p/CGf_SW3DFVU/?utm_source=ig_web_copy_link 

Dengan nama lengkap Rian Kuswanto, seorang pemuda yang tertarik dengan dunia sosial dari SMK ini. Membuat kita bertanya – Tanya kenapa sampai dia tertarik didunia sosial, atau leboh fokus kepada membantu orang dalam gangguan jiwa atau bisa kita sebut ODGJ.

Rian lulusan dari SMK otomotif ini sebelum membuat channel youtube ini awalnya hanya memberikan makanan dan tidak berani untuk membersihkan. Berbeda dengan kebanayakan orang pada masa muda yang bersenang-senang, Rian membantu ODGJ memberi makan dengan teman-teman yang lainnya. Dikutip dari Kick Andy episode Kebaikan di Udara.

Channel Youtube RianTV (https://www.youtube.com/channel/UCie1tN4rJ5Hqjjp5iMa8_pw)  sampai saat ini sudah menginjak lebih dari 4 setengah juta subscriber dikanal youtubenya. Dengan konten membagikan kisah para ODGJ dipertemukan dengan keluarganya setelah bertahun-tahun tidak bertemu dan kisah-kisah menarik dai ODGJ.

Salah satu konten yang menarik perhatian banyak orang adalah membuat podcast dengan para ODGJ. Cara yang unik ini dipakai Rian untuk memperkenalkan para ODGJ kepada banyak orang. Banyak sisi positif yang dapat kita ambil.

Dari komen youtube “Podcast edisi Ponski Bareng Pak Suhada kocak”, SRI FATINAH BR SOLIN mengatakan “Yaallah ponsky gua yang waras aja ga kepikiran sampai situ toleransi beragamanya luar biasa dan walaupun berbeda agama ponski saling mengingatkan luar biasa cepat sembuh kalian kalian org hebat ✨🥰”.

Tujuan Rian membuat konten Youtube ia ingin mempertemukan para ODGJ dengan keluarganya. Terbukti dengan sudah banyak ODGJ yang sudah dipertemukan dengan keluarganya didalam konten Youtube yang ia buat.

Tidak sampai disitu saja Rian mengatakan dalam wawancara bersama Andy Noya, di Kick Andy episode Kebaikan di Udara., “kedepannya Insyaallah kalau hatinya udah benar, amanatnya sudah yakin. Kita mau bikin yayasan di Bandung dan untuk orang yang terlantar juga”.

Berharap dari konten youtube yang Rian buat di channel RianTv tentang ODGJ jadi banyak orang yang terinfluance untuk melakukan kebaikkan kepada banyak orang.  

Tidak perlu membantu ODGJ kita juga bisa memulai dari membantu orang lain yang kesusahan pada saat masa pandemi seperti ini pasti banyak orang yang terkena dampaknya, dengan sekedar memberi makanan kepada orang yang membutuhkan dijalan dan masih banyak lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline