Lihat ke Halaman Asli

Jeff NdunJr

Sampah Inzphyrasi

Nasihat untuk Berpuasa

Diperbarui: 4 Maret 2022   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: dokpri.com

Jumat, 04 Maret 2022
Hari Sesudah Rabu Abu
Yes. 58: 1-9a
Mat. 9: 14-15

Sahabat-sahabat ...
Panggilan untuk berpuasa bergema untuk orang beriman pada Masa Praspaskah ini. Sebab, berpuasa adalah salah satu disipilin rohani yang berguna untuk kesehatan fisik dan jiwa dan terutama untuk kehidupan spiritual yang baik. Namun hal itu hanya mungkin kalau dijalankan secara baik dan benar.

Nabi Yesaya yang mengkritik umat Israel tentang pelaksanaan puasa dalam bacaan pertama hari ini sekaligus menjadi bahan penyadaran dan edukasi untuk kita semua. Bahwasannya puasa fisik atau jasmaniah harus berakar, disertai, disempurnakan dalam satu garis lurus dengan puasa rohani atau spiritual. Artinya perubahan sikap dan perbuatan terhadap diri sendiri, sesama dan Tuhan harus dilaksanakan. Puasa tidak sekadar kurangi makanan tetapi kurangi bahkan atasi segala perbuatan yang merugikan orang lain dan melukai hati Allah. Puasa tidak sekadar menambah jam tidak makan lebih banyak melainkan menambah cinta dan amal kasih kepada sesama dan Tuhan.

Sahabat-sahabat ...
Penekanan akan makna teologis atau spiritual dari puasa juga ditekankan oleh Yesus. "Dapatkah sahabat mempelai laki-laki berduka cita selama mempelai bersama mereka?" tanya Yesus. Yesus mau mengatakan bahwa tujuan dan hakekat terdalam dari puasa adalah ungkapan cinta kepada Allah. Usaha untuk bersatu dengan Allah sendiri. Yesus secara tak langsung mengatakan bahwa "Dia adalah Putera Allah". Dia yang adalah Allah telah ada bersama murid-murid-Nya.

Puasa tidak sekadar bersolider dengan sesama manusia melainkan harus diarahkan pada kerinduan untuk bersatu dengan Allah. Harapan untuk menikmati keselamatan dari Allah. Pada akhirnya puasa berarti membiarkan diri untuk tenggelam dalam kasih Allah sendiri. Maka marilah berpuasa sekadar baik dan benar.

Selamat Bermenung. Semangat Melayani Dengan Sepenuh Hati.
Tuhan memberkati. Doa Bunda Maria, Para Kudus dan Mgr. Gabriel Manek, SVD menyertai slalu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline