Lihat ke Halaman Asli

Jeff NdunJr

Sampah Inzphyrasi

Sadar Diri di Hadapan Tuhan; Tahu Diri di Hadapan Sesama

Diperbarui: 15 Januari 2022   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto.Bereama.com

Sabtu, 15 Januari 2022 (Pekan Biasa I)

1Sam 9:1-4.17-19;10:1a

Mrk. 2:13-17

"Bukan orang sehat yang membutuhkan tabib melainkan orang sakit yang membutuhkan tabib. Aku datang bukan untuk memanggil orang benar melainkan orang berdosa".

Orang yang merasa diri sempurna dan tidak berdosa cenderung untuk menjadi hakim bagi orang lain. Orang yang sadar dan merasa bahwa dia tidak suci, lebih bijaksana dalam memandang orang lain sebagai saudara dalam ziarah menuju kesempurnaan.

Dosa paling besar adalah merasa diri sempurna dan suci. Kerahiman dan keselamatan Tuhan tertutup atas orang-orang seperti ini. Sedangkan kerahiman Tuhan hanya turun atas orang yang sadar diri bahwa dia orang berdosa dan tak sempurna.

Orang yang merasa diri sempurna, dia sementara melakukan penipuan terbesar dalam sejarah. Orang yang sadar bahwa dia terbatas, dia sementara berlangkah dalam jalur menuju kesuksesan di dunia dan kebahagiaan di surgawi.

"Aku datang bukan memanggil orang benar melainkan orang berdosa", sabda Tuhan. Sebenarnya Tuhan mau katakan, Aku datang untuk orang Farisi dan juga para pemungut cukai serta orang berdosa. Artinya Tuhan datang untuk semua orang.

Ingatlah pencipta dan ciptaan itu ada jarak dan berbeda. Jarak dan pembeda itu adalah Pencipta adalah sempurna, ciptaan itu terbatas dan tidak sempurna. Oleh karena itu, jangan merasa diri paling suci dan sempurna di dunia ini, lalu mengutuk orang lain apalagi mengabaikan kerahiman Allah. Sadarlah di hadapan Tuhan dan tahu dirilah di hadapan sesama.

Jangan Lupa Bahagia.
Doa Para Malaikat, Bunda Maria, Para Kudus, dan Mgr. Gabriel Manek, SVD menyertai selalu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline