Lihat ke Halaman Asli

Jeff NdunJr

Sampah Inzphyrasi

SMGM Seon-Bereama Berbagi Kasih

Diperbarui: 14 Januari 2022   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Melayani dengan sepenuh hati adalah motto utama Komunitas Sahabat Mgr. Gabriel Manek, SVD (SMGM). Motto ini dilakukan dengan saling mengunjungi untuk saling mendoakan dan juga berbagi bersama mereka  yang membutuhkan "sentuhan". Misalnya orang-orang yang sakit, kaum "miskin", dan sejenisnya.

Dalam menghayati motto ini, SMGM Seon-Bereama berbagi kasih dengan memberikan sembako kepada para nenek dan para kakek. Ada 20 nenek-kakek yang mendapat bantuan ini. Namun mengingat ada yang sudah lumpuh dan tidak bisa berjalan, maka hanya 5 orang yang menerima sebagai simbolis. Sisanya akan dikunjungi langsung oleh anggota SMGM.

Sebelum pembagian, diawali dengan misa bersama. Misa 40 hari mengenang kepergian seorang katekis. Namun dalam misa ini turut hadir para anggota SMGM dan para nenek-kakek yang menerima bingkisan kasih. 

Dalam kotbahnya Rd. Jeff Ndun, Pr,pendamping SMGM Seon menegaskan bahwa kehadiran kita dalam hidup, entah dalam momen suka cita atau duka cita bukanlah untuk mencari-cari kekurangan dan kesalahan orang tetapi harus menjadi berkat. "Jangan seperti ahli taurat, yang datang mendengar Yesus bukan untuk mendapat keselamatan tetapi hanya untuk mencari-cari alasan untuk mempersalahkan Yesus," ungkap Rm. Jeff Ndun. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa iman Katolik bukan iman ikut ramai sehingga kehadiran kita di dunia karena ikut ramai. "Kehadiran kita adalah kehadiran tanggung jawab bukan kehadiran ikut ramai", tandas pastor pembantu Seon ini.

Perayaan ekaristi berjalan dengan baik. Sebelum menutup perayaan Ekaristi dengan berkat penutup, Rm. Jeff Ndun, Pr menggunakan kesempatan untuk memperkenalkan Komunitas SMGM kepada umat di Bereama-Beitahu. Imam Keuskupan Atambua ini memberi gambaran tentang apa itu SMGM dan siapa itu Mgr. Gabriel Manek, SVD.

Setelah perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan pembagian bingkisan kasih untuk para nenek-kakek yang hadir. Sahabat Iche dan beberapa sahabat SMGM lainnya hadir dan membagi bingkisan kasih kepada mereka. 

Sahabat Iche, dalam kesempatan ini juga menjelaskan jumlah anggota SMGM di Bereama-Beitahu sebanyak 12 lebih. Bahkan ia katakan bahwa setelah misa, ada yang telah meminta bergabung dengan SMGM. 

Sebelum menuju ke rumah acara, Rm. Jeff Ndun, Pr menyempatkan diri berkunjung ke rumah Sahabat Iche bersama beberapa sahabat. Di sana Rm. Jeff Ndun, Pr memotivasi para anggota SMGM untuk tetap setia melayani dengan berbagi kepada setiap orang. Hal pertama adalah berbagi hati untuk saling mendoakan. "Kamu harus buat jadwal untuk saling mengunjungi dan saling mendoakan. Kalau ada yang sakit, kamu kunjungi dan doakan. Bisa juga kamu sesama anggota SMGM saling mengunjungi lalu doa bersama", kata Rm. Jeff Ndun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline