Lihat ke Halaman Asli

Jeff NdunJr

Sampah Inzphyrasi

Anak Asrama Paroki Seon Belajar Liturgi Praktis

Diperbarui: 11 Januari 2022   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto.dokprib.com

Salah satu unsur penting dalam sebuah perayaan liturgi adalah para pembantu imam. Ada misdinar, Lektor dan lain sebagainya dengan tugasnya masing-masing. Lektor bertugas untuk membacakan Sabda Tuhan sedangkan misdinar bertugas membantu melayani imam di altar, mimbar dan tempat lain yang perlu.

Mengingat begitu pentingnya peran para pembantu imam ini, maka keterlibatan mereka sangat dibutuhkan. Untuk itu , mereka perlu dipersiapkan secara baik dan benar. Tujuannya adalah agar mereka melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka secara baik dan benar di dalam satu kesatuan penghayatan iman, penuh makna sehingga tidak mengurangi kesakralan perayaan liturgi sebagai sebuah ibadat ilahi. Selain itu agar mereka membantu menghadirkan Rahmat Allah bukan saja untuk diri mereka tetapi untuk semua orang yang merayakan imannya lewat tugas dan peran mereka. Karena itu, pelatihan dan persiapan bagi para pembantu imam sangatlah penting.

Senin, 10 Januari 2022 asrama putera dan Puteri Paroki Seon mengadakan kegiatan latihan bersama liturgi praktis, khususnya misdinar dan Lektor. Kegiatan ini dilaksanakan di Gereja Kristus Raja Seon. Petugas yang memberi pelatihan adalah Ibu Itha Luan didampingi oleh Ibu Lina Asa.

Hal-hal yang dilatih adalah bagaimana menjadi Lektor yang baik. Selain itu juga melatih misdinar dalam tugas dan fungsi mereka ketika membantu imam. Pelatihan dilaksanakan secara pribadi dan kelompok secara bergantian. Dalam latihan ini juga diajarkan tata gerak yang liturgis ketika menjadi pembantu imam di dalam sebuah perayaan liturgi.  

Semuanya mengikuti pelatihan praktis ini dengan serius. Mengikuti arahan yang diberikan oleh pelatih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline