Lihat ke Halaman Asli

Jefri Musakin

Suka memancing ikan di laut

Mengenal Lebih Dekat Videotron: Jenis dan Fungsinya

Diperbarui: 25 September 2020   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan dalam bidang teknologi digital semakin pesat. Jika kita berbicara mengenai teknologi visualisasi maka akan terus berkembang dan mengeluarkan inovasi inovasi terbaru yang tentu saja lebih ringkas, canggih, efiesien dan kredibel dimata penggunanya.

Jika kita flashback beberapa puluh taun kebelakang, visualiasai yang menayangkan gambar dan video besar banyak orang menyebutnya sebagai layar tancep. Buat sahabat kompasiana kelahiran 80-90an mungkin menemukan masa masa menonton film Roma Irama, Film India dengan layar yang besar dan lebar ini.

Berselang beberapa taun kemudian muncul lagi yang namanya Proyektor, inovasi lebih ringkas tentu saja bisa dibawa kemana mana tanpa harus menggunakan mobil box layaknya komedi putar layar tancap. Maka fiks, era layar tancap sudah berakhir.

Di tahun 2020 ini, kembali lagi ada trend baru dalam dunia visualisasi digital yang lebih kompleks dengan gambar lebih tajam dan kualitas super keren yang dinamakan dengan videotron.

Secara singkat Videotron adalah : teknologi sederhana yang bisa menampilkan dengan jelas baik gambar, video, dan media lainya bedanya dengan proyektor yang sangat nyata adalah pada kualitas gambar dan fungsi. Dimana fungsi dari videotron sendiri lebih luas salah satunya dari sisi penggunaan bisa otdor dan indor.

Selain itu, dari sisi penggunaan baik indor dan outdor sendiri videotron ini memiliki spek LED yang berbeda. Karena nanti berpengaruh dari sisi pencahyaan atau hasil visualnya.

Pada instalasi led videotron outdoor biasanya menggunakan lampu jenis DIP (Dual In-line Package), sedangkan yang indoor menggunakan jenis lampu SMD (Surface Mount Device).

Kita coba bahas dari sisi fungsi sekarang, sekarang ini Videotron banyak digunakan dalam beberapa aspek kegiatan seperti promosi iklan di jalan raya. Jika anda melihat sebuah iklan besar dan terang berbentuk video nah itu menggunakan videotron.

Kemudian dalam sebuah acara fashion show, konser-konser besar dengan media layar dibelakang lengkap dengan cuplikan animasi yang komplit semuanya itu menggunakan Videotron.

Sedangkan dalam bidang pendidikan, pemerintahan seperti acara teleconverse yang menampilkan acara rapat daring di Istana Merdeka misalkan dengan kualitas hasil video yang tajam semuanya menggunakan Videotron indor. Bahasan singkat ini cukuplah sebagai perkenalan mengenai perkembangan media visual di era modern semoga bermanfaat !

SALAM!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline