Lihat ke Halaman Asli

Jeffryto Koesriansyah

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro

Bantu Rebranding UMKM, Mahasiswa KKN Undip Percantik Kemasan Produk Keripik Pare dan Kulit Ikan Patin

Diperbarui: 14 Agustus 2023   01:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Workshop Desain Produk Kepada Kader UMKM Desa Juron/dok pribadi

Desa Juron, Kabupaten Sukoharjo (12/08/2023) - Dalam dunia bisnis makanan yang kompetitif, strategi rebranding telah menjadi alat yang efektif bagi perusahaan khususnya UMKM untuk memberikan hembusan baru pada produk mereka. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi citra dan daya tarik produk adalah kemasan. Melalui perubahan kemasan, UMKM dapat mengubah persepsi konsumen, meningkatkan visibilitas di pasar, dan memperkuat posisi merek.

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu mahasiswa KKN UNDIP bernama Jeffryto Koesriansyah Al Azis dari jurusan S1 Teknik Industri merancang program kerja monodisiplin terkait Pembuatan dan Rebranding Desain Kemasan dan Label Brand Produk UMKM Keripik Pare dan Kulit Ikan Patin yang ergonomis serta eye catching. Tujuan dari program tersebut adalah agar meningkatkan ketertarikan pembeli dan daya saing produk.

Adapun latar belakang permasalahan yang dialami oleh UMKM Ibu Yuni adalah kurangnya branding mengenai produk keripik dan kemasan yang digunakan masih sangat sederhana sehingga kurang menarik masyarakat. Kemasan yang saat ini digunakan adalah plastik transparan polos dan sangat tipis sehingga rentan rusak dan terkesan kurang kokoh.

Foto Bersama Pemilik UMKM Keripik Ibu Yuni/dok pribadi

Konsultasi Desain Produk Dengan Pemilik UMKM Keripik Ibu Yuni/dok pribadi

Pelaksanaan program kerja monodisiplin dilaksanakan dalam beberapa tahap yang dimulai dari minggu ketiga KKN, yakni dimulai tanggal 28 Juli 2023. Tahap pertama diawali dengan workshop bagaimana desain kemasan yang baik, dilanjutkan dengan pendalaman materi  perancangan desain kemasan kepada kader UMKM untuk menghasilkan rancangan desain. Kemudian, dilanjutkan dengan desain kemasan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari kader UMKM. Tahap ketiga dilakukan dengan memberikan contoh sampel produk yang akan diberikan kepada UMKM Keripik Pare dan Kulit Ikan Patin sebagai sampel yang nantinya bisa digunakan untuk kemasan kedepannya. Tahap terakhir diakhiri dengan dilakukan launching kemasan dan brand bersama pelaku UMKM sebagai bentuk kerja sama antara pelaku UMKM dengan Tim II KKN Undip.

Pembuatan dan Rebranding Desain Kemasan dan Label Brand Produk UMKM Keripik Pare dan Kulit Ikan Patin dilakukan dengan bantuan software Canva. Software Canva digunakan untuk pembuatan prototype rangka dan pembuatan bentuk luar (gambar) sebagai sarana untuk merancang desain kemasan yang akan dibuat.

Pemberian Poster Desain Produk Kepada Kader UMKM/dok pribadi 

Sebagai salah satu bentuk keberlanjutan program sekaligus ucapan terima kasih, mahasiswa memberikan poster mengenai bagaimana membuat kemasan produk yang baik dan unik sebagai media pengingat yang terpasang di area produksi UMKM.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline