Lihat ke Halaman Asli

Promosi dan Segala Bentuknya

Diperbarui: 17 September 2018   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Banyak aktivitas kata yang mengarah ke kata ini bisa bernilai manfaat dan tidak bagi yang mendengar, mendapatkannya.Banyak diantara kita beranggapan pada dasarnya bahwa bila mendengar kata promosi pasti seuatu yang mendatangkan keuntungan bagi yang mendapatkannya.Tapi kata ini tidak selalu akan bernilai seperti dibayangkan oleh yang mendapatkannya.

Karena yang namanya promosi tersebut bisa saja membawa manfaat kurang mengenakan bila berada pada kondisi yang tidak dinginkan karena situasi dan tempatnya tidak sesuai harapan.Apalagi bila mendengarkan kata promosi ini selalu dianggap suatu menguntungkan tapi kenyataan bukannya untung didapat tapi kerugian yang sangat besar dimana semula tidak sangat diharapkan.

Jadi pernyataan dan kenyataan bisa berbeda karena keberadaannya berbeda dari suatu harapan yang diidamkan, apalagi bila kenyataan bukannya mendapatkan manfaat tapi malahan mendapatkan suatu kekurangan manfaat sehingga harapan baik yang dibayangkan berubah menjadi suatu kenyataan sangat tidak menyenangkan.

Memang permainan kata bernilai positif dan baik, pada waktu saat ini belum tentu sama untuk waktu yang lainnya, karena sesuatu harapan belum tentu menghasilkan suatu harapan menyenangkan karena pada waktu tersebut berjalan kata ini bukannya manfaat yang didapat tapi malahan hal sebaliknya.

Seharusnya bukan beban yang diterima dari harapan dari kata tersebut malahan yang terjadi adalah beban yang sangat memberatkan bagi pihak yang mendapatkannya.Sebab makna kata  dalam kondisi yang berbeda akan menghasilkan pengertian berbeda tergantung keinginan yang melafazkan kata tersebut.

Karena yang memahami makna kata dan berobah makna sangat tergantung pada keinginan dari pihak yang melafazkan kata tersebut. Ini sesuai kebutuhan dan keinginan pelafaznya. Pemaknaan kata ini akan berbeda beda tergantung posisi yang menyampaikan.

Oleh karena itu bila mendengar pernyataan kata promosi, jangan dulu senang akan mendapatkan suatu harapan.Karena bisa jadi suatu harapan yang dibayangkan tapi kenyataan malahan sebaliknya terjadi.Oleh sebab itu setiap kata bisa saja tidak sesuai seperti yang dibayangkan karena adanya perubahan makna yang menyampaikan.

From Elgusfian




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline