Lihat ke Halaman Asli

JAWIR 98

mahasiswa

Kegiatan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa

Diperbarui: 26 Januari 2024   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa

Kami Mahasiswa PAI uhamka melaksanaan kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa. Kegiatan tersebut merupakan salah satu luaran dari mata kuliah kemuhamaadiyahan.  Pada pembelajaran kemuhammadiyahan  ini mengajaran kami untuk berbagi bersama dengan keluarga yang membutuhkan. Sekaligus sebagai bentuk dakwah pencerahan untuk membangun masyarakat yang berkemajuan dan sejahtera lahir batin.

Seperti hal nya yang telah dipaparkan dalam surat Al-Maun yang diterangkan oleh Kiai Ahmad Dahlan bahwa  terdapat beberapa pesan yang terkandung dalam surat Al-Maun mengenai ukhuwah (persaudaraan), hurriah (kemerdekaan), dan 'adaalah (keadilan). Gerakan sosial kemasyarakatan yang  terkait berorientasikan kepada nilai-nilai kemanuasiaan dalam mengatasi masyarakat dari kemiskinan.

Kami kelompok mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) telah sukses melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa bersama Bapak Eko dan keluarganya yang berlokasi pada Jl. Mahjur No.86,RT.13/RW.2, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah khusus ibukota Jakarta 12620

Dengan pekerjaan yang tidak pasti yang dijalani oleh Bapak Eko membuat beliau dan keluarganya tidak menentu atas apa yang akan mereka makan setiap harinya. Bahkan dalam sehari mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka karena Bapak Eko tidak mendapat panggilan pekerjaan, Bapak Eko pun sempat kesulitan dalam membayar uang sewa kontrakan rumah mereka.

Kondisi ekonomi Bapak Eko sangat memprihatinkan, setiap harinya Bapak Eko harus menawarkan diri untuk pekerjaan demi memberi makan keluarganya. Bapak Eko seorang kepala keluarga yang harus meghidupi anaknya. Dari setiap aspek yang kami perhatikan keluarga Bapak Eko ini patut untuk mendapatkan bantuan karena Bapak Eko tidak memiliki usaha tetap ( kerja serabutan) untuk menunjang kehidupan anak dan keluarganya dimasa mendatang Kami mendapatkan Donasi sebanyak Rp. 1.010.000,- dari dana yang sudah didapatkan kami memberika pemberdayaan berupa seperti Detergen, Sabun Mandi, Kopi, Cairan Pembersih dan Sembako yang dimana untuk kebutuhan sehari hari keluarga bapak Rohmani.

Bapak Eko mengatakan "Saya sangat berterimakasih kepada para donatur yang sudah memberikan donasinya untuk membantu kehidupan keluarga saya"Dengan kegiatan pemberdayaan kaum dhuafa tersebut, bertujuan tidak lain dan tidak bukan untuk memberdayakan kaum dhuafa dengan cara membantu mereka memaksimalkan kekurangan kebutuhan dalam lingkup sandang, pangan dan papan sehingga mereka dapat melanjutkan atau menjalani hidup yang layak atau pada umumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline