Lihat ke Halaman Asli

Facebook, Apakah Merugikan atau Menguntungkan?

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tidak bisa di pungkiri di era modern 2010 ini siapa yang tidak mengenal facebook, dari kalangan anak sekolah SD, SMP, SMA, mahasiswa bahkan guru-guru atau dosen serta orang-orang tua sudah banyak yang memiliki facebook, karena facebook sudah merakyat di berbagai kalangan. Menurut pandangan saya mengenai facebook bagi mahasiswa itu ada segi yang menguntungkan dan juga yang merugikan.

Menurut saya yang menguntungkan yaitu mempererat silaturahmi Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di masa lalu.facebook bisa di jadikan ajang mencari teman, mencari teman sebanyak-banyaknyan melalui aplikasi ini, bila saat sendirian tidak ada teman, dengan facebook kita bisa berkomunikasi dengan orang di daerah lain sehingga kita ada temanya walaupun hanya sendirian, selain itu facebook juga bisa di jadikan ajang mencari jodoh. Facebook juga berfungsi sebagai jaringan komunikasi, misalnya apabila mendapat tugas dari dosen dengan facebook bisa untuk mengabarkan atau menyebarkan ke teman-teman yang lain, manfaatnya yang lain yaitu sebagai media promosi barang atau jasa, karena banyak orang yang mengakses facebook sehingga untuk mempromosikan berjalan dengan lancar.

mungkin bisa juga untuk media curhat, kalau kita lagi dapet masalah, kita tinggal mengupdate status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, ntar kalau ada orang yang peduli, pasti orang tersebut bakal memberi koment yang isinya mungkin cuma sekedar memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah. Tapi tempat curhat terbaik tetap, Allah SWT.

Kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita karena dapat mengakses informasi dari teman-teman di facebook juga Untuk menjalin persahabatan dengan teman-teman baru yang kita temukan di facebook dan juga bisa untuk berdiskusi dari berbagai hal.

Di samping ada kentungan, pasti juga ada kerugian yang berdampak negatif, yaitu dengan adanya facebook bisa membuat kemalasan seseorang seperti malas belajar, karena apabila bermain facebook akan mengurangi waktu belajar pelajar itu sendiri. Selain itu facebook juga bisa boros atau menghambur-hamburkan uang, karena sat mengakses internet juga membutuhkan pulsa atau internet.

Facebook juga bisa mengganggu kesehatan, karena terlalu banyak bermain facebook di depan monitor tanpa melakukan apapun, tidak pernah olahraga sangat beresiko bagi kesehatan, penyakit akan mudah datang misalnya kegemukan, sakit mata dll.

Selain itu dampaknya yaitu mudah menemukan sesuatu yang berbau pornografi yang bisa merusak moral bangsa.

Seperti media lainya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi anak-anak kurang mengerti tentang internet, sehingga si penipu sangat mudah untuk menipu anak-anak.

Nah sebenarnya facebook itu sendiri akan berdampak baik bagi kita asalkan kita tau aturan-aturanya serta niat kita untuk menggunakanya, jadi baik buruknya dampak facebook adalah dari diri kita sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline