Lihat ke Halaman Asli

Hebat! KKN Tim I Universitas Diponegoro Menyusun Buku Profil Desa Depok Guna Memetakan Kondisi dan Potensi Desa untuk Perencanaan Pembangunan yang Berkelanjutan

Diperbarui: 12 Februari 2023   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cover Buku Profil Desa Depok (Dokumentasi Pribadi)

Depok, Pekalongan (12/02/2023) - Berdasarkan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan dijelaskan bahwa profil desa dan kelurahan menjadi gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan. Singkatnya, buku profil merupakan dokumen identitas yang berisi gambaran terkait karakteristik sebuah desa. 

Buku profil ini dibuat karena masih kurangnya informasi terkait Desa Depok. Maka dari itu KKN Tim I 2022/ 2023 Universitas Diponegoro yang diterjunkan di Desa Depok melaksanakan program penyusunan Buku Profil Desa Depok.

Pembuatan buku profil bertujuan memudahkan informasi serta menambah pengetahuan tentang Desa Depok. Buku Profil Desa Depok mencakup informasi terkait sejarah desa, gambaran umum desa, pemerintahan dan kelembagaan desa, kondisi fisik wilayah, sarana dan prasarana desa, kondisi sosial masyarakat, ekonomi desa, serta bagian terpenting yakni potensi desa.

Proses pembuatan Buku Profil Desa Depok diawali dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan diskusi dan wawancara bersama perangkat desa serta tokoh-tokoh masyarakat untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Selain itu, dilakukan pula kegiatan survei lapangan guna memverifikasi data-data hasil wawancara. Sedangkan, data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen yang sudah dimiliki oleh Desa Depok diantaranya RPJMDes Desa Depok, Profil Desa, serta Data Monografi. 

Setelah seluruh data dan informasi terkumpul, kemudian dilakukan penginputan data menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel serta dilakukan pengeditan dengan bantuan aplikasi Canva. Diharapkan dengan adanya Buku Profil ini baik warga desa bahkan pihak luar dapat dengan mudah mendapatkan serta mengakses informasi tentang potensi Desa Depok.

Penyerahan Buku Profil Desa kepada Perangkat Desa Depok (Dokumentasi Pribadi)

KKN Tim I  Universitas Diponegoro Tahun 2022/ 2023 Desa Depok

Dosen Pembimbing Lapangan 

- Riandhita Eri Werdani, S.M.B., M.S.M.

- Mas'ut, S.Ag., M.Si.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline