Lihat ke Halaman Asli

Jasuda dan Pengembangan Wirausaha

Diperbarui: 25 Februari 2016   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Jaringan Sumber Daya sebagai salah satu pusat informasi rumput laut mulai berbenah diawal tahun 2016. Selain memberikan layanan jasa pengembangan usaha rumput laut, Jasuda juga membantu usaha kecil menengah (UKM) menerapkan manajemen mutu dan keamanan pangan. Selain itu, Jasuda juga membantu riset pengembangan produk agar UKM cepat berkembang dan sharing informasi dan pengalaman usaha dalam Temu Member Jasuda.

Pada Temu Member Jasuda 6, salah satu harapan member adalah membangun kerjasama antar member. Untuk menindaklanjuti hal tersebut dan meningkatkan kualitas layanan serta membantu fasilitasi pasar maka kegiatan Temu Member Jasuda akan diadakan setiap enam bulan. Temu Member Jasuda telah memfasilitasi peserta untuk bisa saling mengenalkan usaha dan kegiatan utamanya. Petani, pengumpul, eksportir, pangelola pabrik, peneliti, dosen, pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat serta multistakeholders lainnya bisa berkomunikasi dan menjalin potensi kerjasama dalam Temu Member Jasuda.

Dengan jumlah member yang semakin bertambah sekitar 9.000 dan target 10.000 member di tahun 2016 ini, Jasuda memberikan kesempatan kepada member untuk mempromosikan produk, jasa dan profile usahanya di website Jasuda. Melalui kerjasama dan promosi online, Jasuda bisa membantu member memperluas pemasaran dan mendapatkan pembeli atau mitra usaha.

Dalam hal ini Jasuda akan menayangkan iklan member dan membantu pengembangan bisnis online, design dan pengembangan website usaha yang telah dikembangkan member Jasuda. Tujuannya agar profil member, jasa dan produk yang berkualitas bisa dikenali pembeli serta meningkatkan penjualan dan pengembangan usahanya.

Sebagai Service Provider, Jasuda tetap mempertahankan kompetensi dan idenpendensi-nya untuk memberikan layanan jasa kepada member dan tidak akan melakukan trading rumput laut sehingga tidak berkompetisi dengan member.

Salah satu member Jasuda yang mempromosikan produk dan layanan jasanya adalah Mitra Mandiri 91 dari Jogja. Jasuda membantu promosi produk Mitra Mandiri 91 yang berkualitas berupa tepung bumbu non MSG ke member Jasuda dan fasilitasi pasar online. Member yang membeli secara online di Jasuda akan langsung mendapatkan pengiriman produk untuk konsumsi sendiri maupun dijual lagi.

Beberapa member yang bergerak dalam ekspor rumput laut serta pengembangan pangan sehat juga akan mempromosikan profil usaha, jasa dan produknya di Jasuda tahun ini. Kemitraan Jasuda dan member dalam promosi online di website Jasuda berlaku satu tahun dimana member bisa memodifikasi promosi online setiap bulan sekali.

Melalui bentuk kemitraan ini, Jasuda membantu dan memberikan kesempatan kepada member untuk mendapatkan lebih banyak manfaat. Member yang membutuhkan produk dan jasa berkualitas bisa bekerjasama. Harapannya member mendapatkan peluang usaha dan menjadi wirausaha baru.

Jasuda terus membantu member dalam pengembangan usaha melalui kerjasama antar member. Tumbuhnya member yang menjadi wirausaha diharapkan dapat membuka peluang usaha dan kesempatan kesempatan kerja untuk memperkuat perekonomian bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline