Lihat ke Halaman Asli

Makanan yang Kaya akan Manfaat, Seewy Roll

Diperbarui: 6 Maret 2023   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

  Makanan fungsional adalah makanan yang mengandung senyawa atau komponen fisiologis aktif yang ditujukan untuk pencegahan dan pengobatan penyakit serta untuk mempertahankan kesehatan yang optimal. Makanan fungsional ini menempati posisi diantara makanan konvensional dan obat, serta digunakan untuk pencegahan penyakit pada tingkat awal. Singkatnya, makanan fungsional adalah makanan yang mengandung khasiat yang bermanfaat bagi tubuh yang dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Sebelum memulainya lebih lanjut, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Seewy Roll.

  Seewy Roll adalah sebuah makanan berat yang diambil dari kata "Sawi" yang dibaca dengan ejaan bahasa Inggris yang berarti sayuran sawi, dan "Roll" dari bahasa Inggris yang berarti gulung. Sawi roll merupakan sebuah menu yang kami ( kelompok 4 ) buat pada ujian praktek mata pelajaran PKWU. Hidangan sawi roll atau sawi gulung sendiri bisa diolah menggunakan sawi putih maupun hijau. Biasanya, sawi gulung diisi dengan berbagai bahan, mulai ayam, tahu, sampai sayuran. Makanan satu ini sudah pasti menyehatkan badan, karena sawi putih maupun hijau memiliki beragam nutrisi yang menjadikan sawi dapat diolah menjadi makanan fungsional yang lezat dan bergizi.

  Pada sawi putih, terdapat nutrisi seperti vitamin B kompleks berbentuk asam folat, vitamin A dari karoten, vitamin C, serta vitamin K. Maka dari itu, sawi putih baik untuk detoksifikasi racun pada tubuh, menyehatkan mata, menurunkan kolesterol dan berat badan, dan mencegah berbagai penyakit. Sawi hijau juga tinggi akan vitamin A, C, E, dan K, serta tembaga. Sawi hijau bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan jantung dan mata, mencegah berbagai penyakit, dan bahkan baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

  Kembali lagi pada sawi gulung, ternyata terdapat fakta menarik dari makanan yang satu ini. Selain banyak mengandung manfaat, hidangan sawi gulung ini juga memiliki versi yang berbeda di tiap negara. Dalam bahasa Inggris, olahan sawi putih ini biasa disebut sebagai rolled cabbage (sawi putih gulung) atau stuffed cabbage (sawi putih isi). Salah satu menu sawi putih yang terkenal  berasal dari Polandia yang diisikan daging cincang, bawang bombay, dan nasi.

  Sementara itu di Jepang biasa diisikan daging cincang, baluran tepung panko, dan berbagai bumbu serta saus. Di Indonesia, mungkin sudah sangat familiar dengan penampilan sawi putih gulung yang dikukus sebagai bagian dari masakan siomay khas Bandung, yang disajikan dengan menggunakan saus kacang. Tentu produk Seewy Roll yang kami buat termasuk salah satunya, dengan isian daging ayam giling yang gurih serta sayur-mayur yang menambah khasiat dari hidangan Seewy Roll dan menjadikannya makanan yang lezat dan bergizi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline