Lihat ke Halaman Asli

Jason Kartasasmita

A Lover of Life

Perjalanan Inspiratif Melintasi Jerman: dari Bahasa hingga Budaya

Diperbarui: 21 Agustus 2023   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya dan teman-teman dari berbagai negara di kota Bonn (dokpub/Jason)

Saya merupakan salah satu pemenang Nationalen Deutscholympiade in Indonesien (NDO) 2023 atau Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional yang diadakan oleh Goethe Institut. Meraih gelar ini memberikan kesempatan emas bagi saya untuk belajar di Jerman selama sebulan pada bulan Juli.

Keikutsertaan dalam kegiatan ini diorganisir oleh Pdagogische Austauschdienst (PAD) atau Dinas Pertukaran Pedagogis di Jerman. Saya bersemangat menghadapi kesempatan bertemu dengan pemenang NDO 2023 dari berbagai negara dan bersama-sama mengasah keterampilan berbahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari.

Menghadapi keberangkatan, perasaan gugup melanda karena persiapan menyeluruh diperlukan, dari dokumen hingga kostum dan peralatan untuk mengikuti Internationales Abend atau acara Malam Internasional yang akan diadakan di Jerman.

Tugas saya adalah mempersiapkan pertunjukan di depan warga asli Jerman dan para pemenang Olimpiade Bahasa Jerman dari berbagai negara, untuk memperkenalkan Indonesia dan budayanya. Identitas dan impresi positif tentang Indonesia menjadi penting, serta memerlukan totalitas untuk memberikan kesan yang baik kepada mereka.

Pada akhirnya, perjalanan yang dinanti pun tiba dan setelah kurang lebih 16 jam (tidak termasuk waktu transit), saya pun mendarat di Jerman.

Saya tiba di bandara Cologne-Bonn dan dengan penuh harap menunggu pihak yang akan menjemput. Sambutan hangat tour guide kami di Bonn meredakan kecemasan. Namun, penyesuaian belum selesai.

Saya merasa kesulitan memahami apa yang native bicarakan karena tempo berbicara mereka jauh lebih cepat daripada yang sudah saya pelajari selama ini. Perasaan takut dan kikuk hadir ketika interaksi masih sulit, apalagi saya akan tinggal selama sebulan di Jerman.

Kota pertama yang saya kunjungi yaitu Bonn adalah sebuah kota yang terletak di barat Jerman, di sepanjang tepi Sungai Rhein. Kota dengan nilai sejarah yang kaya ini adalah ibu kota Jerman Barat sebelum reunifikasi Jerman.

Bonn dikenal sebagai pusat kegiatan budaya dan pendidikan dengan museum seni dan Ausstellung Halle (ruang pameran) yang kerap menampilkan seni dan pameran internasional, serta Universitas Bonn yang bergengsi. Keindahan alam sekitar seperti taman-taman yang hijau dan kawasan tepi sungai menambah daya tarik kota ini.

Selama di Bonn, saya juga terkesan dengan Universitas Bonn yang sangat luas dan indah. Di Bonn, kami pun mengunjungi taman botanikal dan bermain beberapa permainan kata dalam bahasa Jerman untuk mengasah kemampuan kami dalam berbahasa Jerman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline