Lihat ke Halaman Asli

Jasmine ZahraAyudita

Electrical Engineering Student

Tertarik Pasang PLTS Atap? Yuk Perhatikan Aspek Teknis Berikut

Diperbarui: 26 Februari 2022   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pemerintah telah mensahkan insentif PLTS Atap yang didasari kerja sama antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta United Nations Development Programme (UNDP). Insentif tersebut diberikan kepada pelaku usaha dan pengguna listrik rumah tangga dengan syarat tidak melakukan pemasangan yang dibiayai oleh APBN atau APBD.  

Dengan hibah ini pemerintah berharap pelanggan PLTS Atap semakin banyak sehingga transisi energi semakin cepat terlaksana. Bagaimana, tertarik bukan untuk mendapat hibah PLTS Atap? Bagi yang berminat untuk pasang PLTS Atap, hibah bisa didapat dalam bentuk voucher melalui laman www.isurya.mitre3.id

Cara Kerja PLTS

Pada dasarnya, prinsip PLTS adalah merubah energi matahari menjadi listrik atau yang disebut juga dengan prinsip fotovoltaik. Lebih jelasnya, modul surya yang terbuat dari silikon merupakan susunan dari beberapa sel surya. Semakin banyak sel surya semakin besar pula energi listrik yang dihasilkan. 

Sel surya tersebut dilapisi dengan bahan semikonduktor sehingga terdapat kutub negatif yang terdiri dari kumpulan muatan negatif dan kutub positif. Dalam sinar matahari terdapat foton yang merupakan sebuah partikel. Ketika foton dalam jumlah yang cukup mengenai sel surya tersebut, maka muatan negatif atau yang disebut elektron akan bergerak menjauhi daerah negatif, kemudian akan terbentuk hole yang menjauhi daerah postitif. Pergerakan inilah yang menghasilkan aliran listrik.

Kondisi sinar matahari

Dalam panel surya ada istilah yang bernama watt peak yaitu jumlah daya yang dapat diserap oleh panel surya ketika kondisi matahari sedang berada pada puncaknya. panel surya memiliki jumlah watt peak yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan. 

Di Indonesia sendiri, jumlah jam dimana kondisi radiasi matahari berada pada puncaknya atau biasa disebut  peak sun hour berkisar antara 3-4 jam dalam sehari. Lho kan matahari bersinar dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, mengapa peak sun hour nya bukan 12 jam? 

Alasannya karena dalam 12 jam tersebut radiasi matahari berbeda setiap waktunya. Panel surya akan menyerap daya secara maksimal ketika posisi matahari tegak lurus dengan panel surya tersebut, atau bisa disebut berada pada puncaknya. 

Hal tersebutlah yang diartikan sebagai peak sun hour. Apabila pagi hari atau sore hari, panel surya tidak akan menyerap sinar matahari secara efektif dikarenakan posisi matahari yang berubah-ubah. Oleh karena itu, apabila dikonversikan, maka kira-kira dalam sehari jumlah peak sun hours berkisar antara 3-4 jam.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum memasang PLTS agar mendapatkan performa yang maksimal, yaitu

  • Efek Shading
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline