Lihat ke Halaman Asli

Jasmine Fatin Afifah

Lulusan Komunikasi Sekolah Vokasi IPB

Mengenali Proses Pembuatan Madu di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka

Diperbarui: 22 Mei 2019   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampak Depan Taman Wisata Lebah

Berkunjung ke Taman Wisata Lebah Madu Pramuka bisa menjadi taman rekreasi sekaligus belajar. Taman Wisata Lebah Madu Pramuka ini berlokasi yang tak jauh bila ditempuh dari Jakarta, yaitu di kawasan Cibubur, Jakarta timur. Lokasinya yang masih satu kompleks dengan kawasan bumi perkemahan pramuka. Bila kita bepergian dengan mobil pribadi saat keluar tol cibubur langsung diperlihatkan dengan diapit dua gapura yang besar.

Banyak masyarakat yang menyukai madu. Madu merupakan cairan kental seperti sirup dan rasanya manis. madu ini banyak tersedia di minimarket. Namun tidak semua tempat bisa memberikan kesempatan untuk melihat bagaimana pembuatan madu alami langsung. Berkunjung ke Taman Wisata Lebah Madu Pramuka merupakan sebuah tempat belanja berbagai jenis madu sekaligus mengetahui hal mengenai madu dan lebah. Mulai dari proses produksi, cara budidaya, pengolahan produk, hingga metode pengobatan dengan sengatan lebah.

Belanja madu sembari belajar tentang dunia lebah menjadi keunikan tersendiri. Apalagi tempatnya cukup asri dan mempunyai fasilitas bermain bagi anak - anak serta berkreasi dan belajar bagaimana cara pembuatan madu. Bagi pengunjung yang akan melakukan edukasi seputar madu, dikenakan harga yang berbeda yaitu Rp.20.000,- sedangkan yang hanya wisata saja dikenakan biaya Rp.5.000,-. Harga tersebut sangat terjangkau bagi para pengunjung yang akan berkunjung kesana.

Edukasi di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka ini sangat digemari oleh pengunjung baru maupun yang sudah pernah kesana. ketika melakukan edukasi disana terdapat pemandu wisata yang bersedia untuk menjelaskan bagaimana proses pembuatan madu ini. Pembuatan madu ini berawal dari lebah, lebah disini sangat dibudi dayakan, dikelompokkan dalam satu tempat. 

Kemudian, ditempat ini banyak bunga sebagai tempat lebah untuk menghasilkan madu. setelah madu singgah dibeberapa bunga kemudian ia kembali kesarangnya dan disitulah lebah menghasilkan madunya. 

Lalu, saat akan melihat sarang lebahnya pemandu serta pengunkung diwajibkan memakai topi yang ada jaringnya untuk menghindari sengatan lebah. setelah itu madu dapat dipanen dan pengunjung bisa mencicipi langsung madu murni yang masih terdapat disarangnya.

Selain itu, di taman wisata Lebah Madu pramuka ini kita juga bisa membeli langsung madu yang telah siap dipasarkan dan dalam kemasana dengan harga mulai dari Rp.55.000,- hingga Rp. 390.000,- tergantung ukuran dan jenis madunya. kemudian, setelah pengunjung puas mengetahui proses pembuatan madu dari lebahnya langsung. pengunjung dapat bermain di fasilitas yang telah disediakan seperti ayunan, jungkat - jungkit dan lain sebagainya. kemudian, jika ingin beristirahat  pengunjung disediakan juga pendopo atau saung. 

Taman Wisata Lebah Madu Pramuka ini juga menyewakan tempat ini sebagai tempat temu keluarga seperti family gathering.
Tempat wisata Taman Lebah Madu Pramuka ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai madu sekaligus ingin menambah pengetahuan seputar proses pembutan madu murni.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline