Lihat ke Halaman Asli

Jasmine Farhan

Mahasiswi Universitas Al-Azhar Indonesia

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445

Diperbarui: 22 September 2023   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Banyak orang tahu kalau di Indonesia menggunakan dua macam kalender yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriah. 

Kalender Masehi lebih dikenal luas dan dipakai dalam kegiatan sehari- hari. Sedangkan kalender Hijriyah digunakan untuk mengetahui hari -hari besar Islam. 

Sebab itulah banyak yang tidak tahu kapan awal pergantian tahun baru Hijriyah atau 1 Muharram, karena memang bulan ini tidak sepopuler bulan Ramadhan dan bulan Syawal yang dirayakan secara meriah oleh seluruh umat Islam di dunia.

Pergantian tahun baru Hijriyah 1 Muharam juga tidak seperti pergantian tahun baru masehi yang dirayakan oleh seluruh umat manusia di dunia. Padahal, bagi umat Islam Bulan Muharram adalah bulan yang istimewa loh.

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Sejarah 1 Muharram tahun baru Islam, diawali dengan peristiwa besar yaitu peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Madinah pada tahun 622 Masehi. 

Peristiwa Hijrah nabi tersebut dijadikan awal mula penggunaan kalender Islam. Tahun 2023 ini tahun baru Hijriyah bertepatan dengan tanggal 19 Juli dan tahun ini kalender Hijriah memasuki tahun 1445.

Di dalam Islam ada empat bulan yang dianggap  lebih istimewa dari bulan-bulan lainnya. Ke 4 bulan Istimewa Itu dikenal dengan bulan haram Bulan-bulan haram tersebut adalah bulan Dzulhijjah, bulan Rajab, bulan Zulqaidah dan bulan Muharram. 

Keistimewaan bulan Muharram terdapat dalam Alquran surat At-Taubah ayat 36.  Salah satu makna yang dapat diambil oleh mahasiswa dari peringatan peristiwa hijrah nabi adalah semangat perubahan.

 Selain itu, peringatan 1 Muharram juga dapat menjadi momentum bagi mahasiswa untuk memperdalam pemahaman agama Islam. Mahasiswa dapat memanfaatkan organisasi di kampus untuk meningkatkan keilmuan dan wawasan keagamaan melalui membaca Al-Qur'an, mengikuti pengajian, atau bergabung dalam kelompok studi Islam.

Bagi mahasiswa Universitas Al- Azhar Indonesia (UAI), yang merupakan salah satu kampus swasta Islam terbaik di Jakarta, juga merupakan universitas yang berbasis masjid, terdapat banyak kegiatan kampus yang dapat menambah wawasan keislaman  mahasiswanya seperti LDK (Lembaga dakwah kampus) kharisma dan JQH ( Jami'atul Quro' Wal Hufadz )

kita sering merasa antusias dalam menghadapi sesuatu yang baru, seperti: kelas baru, sekolah baru, semester baru ataupun tahun ajaran baru. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline