Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi mengenai School Readiness oleh PMM Kelompok 55 Gelombang 1

Diperbarui: 16 Agustus 2024   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi yang diambil pada Selasa, 13 Agustus 2024

Fenomena pendaftaran siswa baru jenjang taman kanak-kanak, saat ini menjadi suatu hal yang menarik perhatian, terutama para orang tua yang baru pertama kali mendaftarkan anak ke sekolah. Kecemasan mengenai apa saja yang dibutuhkan tentu tidak dapat dihindari. Apalagi jika mengingat bahwa tidak hanya mengenai perlengkapan sekolah saja, tetapi juga persiapan mental anak, kemampuan sosial, dan kemandirian anak. Ini penting sekali untuk dibekali pada anak sebelum masuk ke sekolah, karena itu semua menjadi dasar anak akan betah dan nyaman di sekolah.

School readiness merupakan kesiapan yang harus dimiliki anak untuk memasuki sekolah dasar. Kesiapan sekolah mencakup kemampuan-kemampuan yang diperlukan anak untuk belajar dengan baik di sekolah agar keberhasilan sekolah dapat tercapai (Rahmawati, A., 2019). Selain itu, kesiapan sekolah juga mencakup kesiapan orang tua dan lingkungan sekitar dalam mendukung proses belajar anak. Hal yang perlu disiapkan oleh orang tua sebelum anak masuk sekolah yaitu, keterampilan dasar, keterampilan sosial, kemandirian, rutinitas, dan kesiapan emosional anak.

dokumentasi pribadi yang diambil pada Selasa, 13 Agustus 2024

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). PMM Kelompok 55 Gelombang 1 memberikan sosialisasi kepada orang tua yang memiliki balita dan akan mendaftarkan anaknya sekolah. Kami bekerja sama dengan Posyandu Tunas Harapan untuk melakukan sosialisasi pada saat berlangsung kegiatan rutin Posyandu, di kelurahan Jatimulyo. Orang tua yang sudah selesai menemani anak melakukan cek rutin di Posyandu akan diberikan sosialisasi sebentar mengenai school readiness, sehingga orang tua mendapat gambaran apa saja yang harus disiapkan untuk nanti mereka mendaftarkan anak ke sekolah. 

Daftar Pustaka

Rahmawati, A. (2019). CHILDREN'S SCHOOL READINESS ENTERING ELEMENTARY SCHOOL. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 20-29. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline