Lihat ke Halaman Asli

Sisilvia

Freelancer

Penyebab Sakit Kepala Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 10 Agustus 2023   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Freepik

Pernahkah kamu merasakan sakit kepala saat haid atau bahkan sebelum periode menstruasi dimulai? Ya, sakit kepala saat haid memang menjadi keluhan yang kerap kali dialami oleh sebagian wanita. 

Biasanya, sakit kepala yang dialami wanita sebelum atau selama menstruasi disertai dengan gejala lain, seperti nyeri payudara dan perubahan suasana hati. Saat kamu mengalami gejala ini, bisa jadi karena kamu sedang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

Namun bagaimana menstruasi bisa memengaruhi kondisi kesehatan hingga menyebabkan sakit kepala? Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana menstruasi dapat menyebabkan sakit kepala, perbedaan antara sakit kepala yang disebabkan oleh PMS dan migrain, dan kapan kamu harus segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Alasan Mengapa Sakit Kepala Sering Terjadi Saat Menstruasi

Berbagai jenis sakit kepala dapat terjadi sebelum maupun selama menstruasi. Salah satu jenis sakit kepala yang paling terjadi saat menstruasi yaitu sakit kepala tegang yang umumnya disebabkan oleh stres. Di samping itu, kamu mungkin juga mengalami sakit kepala setelah menstruasi karena kehilangan darah dan penurunan kadar zat besi.

Sakit kepala saat menstruasi juga bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Estrogen adalah hormon seks wanita yang berjalan melalui aliran darah mengirimkan pesan ke berbagai bagian tubuh.

Saat menstruasi, hormon estrogen akan dan mendorong pelepasan telur. Sedangkan meningkatnya hormon progesteron membantu implan sel telur di dalam rahim

Setelah ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium), kadar hormon menurun. Tingkat estrogen dan progesteron berada pada titik terendah tepat sebelum menstruasi. Penurunan inilah yang membuat beberapa wanita lebih mungkin mengalami sakit kepala.

Pengobatan untuk Sakit Kepala Saat Menstruasi

Perawatan untuk mengatasi sakit kepala saat menstruasi sebenarnya tergantung tingkat keparahan yang kamu rasakan. 

Obat pereda nyeri yang dijual bebas seringkali digunakan untuk meredakan sakit kepala tegang dan sakit kepala yang disebabkan oleh kadar zat besi yang rendah.

Obat-obatan untuk menghentikan rasa sakit dan peradangan meliputi:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline