Lihat ke Halaman Asli

Jasmerah

Pelajar

Tasyakuran Kampoeng Songo Yang Lebih Heboh Dari Tahun Lalu

Diperbarui: 20 Agustus 2024   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@arekkartar09

Sidoarjo Geluran RT 09-17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaangsa Indonesia dari penjajah. Untuk memperingati Dirgahayu Indonesia yang ke 79 tahun ini, warga Geluran RT 09 atau Kampoeng Songo mengadakan Tasyakuran atau bisa disebut juga Tirakatan. Biasanya tradisi tirakatan memang selalu diadakan malam hari tanggal 16 Agustus sebelum hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus.
Pada malam hari 16 Agustus 2024, acara tasyakuran dimulai pukul 19.45 WIB. Acara tersebut diselenggarakan oleh panitia Karang Taruna RT 09 serta panitia ibu-ibu dan bapak-bapak Dasawisma di jalan deoan rumah Pak RT 09. Dimulai dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan teks proklamasi serta kilas balik kemerdekaan. Acara tasyakuran juga tidak luput dari kemeriahan pentas warga RT 09 mulai dari penampilan tari saman, penampilan tari kreasi anak-anak serta ibu-ibu, dan penampilan menarik lainnya.
Acara tasyakuran malam kemerdekaan ini juga dimeriahkan oleh penampilan lomba fashion show dari anak-anak dan ibu-ibu. Setelah penampilan berakhir, acara tasyakuran selalu diakhiri dengan mengenang gugurnya para pahlawan dengan menyanyikan lagu Gugur Pahlawanku. Berakhirnya acara tasyakuran dilanjut dengan makan bersama. Acara tasyakuran selesai pada pukul 23.30 WIB.
Menurut salah satu panitia Karang Taruna RT 09 "Jujur acara kemerdekaan tahun ini terasa lebih capek ya mungkin karena usaha yang dikerahkan juga banyak tapi SDM masih kurang, tapi gapapa alhamdulillah acara tasyakuran kali ini lebih heboh dari antusias ibu-ibunya, anak-anaknya dan semua warga RT 09" ujar Saskiya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline