Lihat ke Halaman Asli

rbdaily

Rutan Blora

Rutan Blora dan Polres Blora Gelar Bimtek Pengamanan untuk Peningkatan Kualitas

Diperbarui: 6 Juni 2024   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. tim humas

Blora - Guna meningkatkan keterampilan serta membentuk sikap disiplin serta

fisik dan mental yang tangguh dalam melaksanakan tugas yaitu untuk menjaga keamanan dan ketertiban, pada hari ini Kamis (06/06) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Blora mengadakan Bimbingan Teknis Pengamanan bersama Kepolisian Resor (Polres) Blora.

Kegiatan diawali sambutan oleh Karutan Blora Budi Hardiono. Beliau menjelaskan bahwa pengamanan merupakan jantung dari sebuah organisasi, termasuk pengamanan di lapas dan rutan, apabila pengamanan terganggu seluruh pembinaan tidak akan berjalan. Oleh karena itu Rutan Blora bekerja sama dengan Polres Blora untuk memberikan pengarahan mengenai pengamanan kepada ASN Rutan Blora.

"Terimakasih kepada bapak-bapak dari Polres Blora yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk mengisi kegiatan bimbingan teknis pengamanan di Rutan Blora. Dan seluruh rekan-rekan pengamanan saya mohon untuk mengikuti kegiatan dengan serius karena ilmu yang akan diberikan nanti sangat bermanfaat terhadap tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan." Ucapnya.

Dok. tim humas

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus materi dari Polres Blora yang diwakili oleh Tono Widiyanto. Materi yang disampaikan tentang Psikologi Massa.

"Psikologi massa dapat diartikan sebagai suatu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang perilaku sekumpulan orang, baik yang tampak atau tidak tampak. Temen-temen semua pasti bisa membedakan mana warga binaan yang kategori baik maupun tidak. Selain itu ilmu psikologi juga mempelajari jiwa serta karakter seseorang." Ucapnya.

Lebih lanjut kegiatan bimbingan teknis pengamanan kali ini terdiri materi, Peraturan Baris-Berbaris (PBB) serta bela diri praktis. Materi selesai dilanjutkan kegiatan baris-berbaris yang diisi oleh M. Ghozali. Dalam baris berbaris ada tiga macam aba-aba yaitu aba-aba petunjuk, aba-aba peringatan, dan aba-aba pelaksanaan. Adapun manfaat dari bari berbaris yaitu melatih disiplin, tertib, dan memiliki karakter yang tegas. Baris-berbaris dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan ketertiban dalam menjalan suatu pekerjaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline