Lihat ke Halaman Asli

Jarhie

Profile

Cara Mudah Membuat Kamera Lubang Jarum Berlensa Fisheye

Diperbarui: 6 Agustus 2015   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah sebelumnya menulis perkenalan tentang kamera lubang jarum (KLJ), yang belum sempat baca silahkan bisa klik ini Kamera Lubang Jarum : Kamera Sederhana nan Artistik

Pada kesempatan kali ini merupakan lanjutan dari tulisan tersebut, saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat kamera lubang jarum (KLJ) yang sederhana, alat dan bahannya mulai dari barang-barang daur ulang yang ada disekitar kita hingga yang lebih dari itu.

Sebelum kepada langkah-langkah pembuatan, kamera yang akan kita buat kali ini merupakan kamera yang akan diisi oleh kertas foto ber-emulsi yang berfungsi layaknya sensor pada kamera digital, kertas ini juga yang akan merekam gambar didepannya melalui cahaya yang masuk pada lubang jarum (lensa).

Siapa yang pernah selfie menggunakan lensa fisheye? Atau memotret sesuatu menggunakan lensa fish eye? Tentu sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Kali ini kita akan membuat KLJ yang mempunya lensa fisheye, sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat cembung. Tidak kalah bagusnya dengan lensa clip yang sering digunakan pada smartphone. Hehe

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti oleh Kompasianer :

Pertama, Sediakan botol air mineral berukuran 1,5 liter

Kedua,  potong bagian bawahnya seukuran kertas yang akan kita gunakan. Kertas yang akan kita gunakan adalah kertas foto ber-emulsi ukuran 14 x 9 cm. Potonglah melebihi ukuran kertas tersebut, sehingga ada jarak aman.

Ketiga, potong lagi bagian atas botol tadi untuk dijadikan sebagai tutup.

Keempat, coba masukkan kertas ukuran 14 x 9 cm tersebut kedalam botol dan tutup dengan tutup yang sudah kita buat, untuk mengecek pas atau tidak.

Kelima, warnai bagian dalam botol dengan cat warna hitam. Ingat harus warna hitam, dan pastikan seluruh sudut berwarna hitam pekat, pastikan tidak akan ada cahaya yang masuk kecuali melalui lubang jarum yang kita persiapkan.

Keenam, jemur dibawah matahari sampai cat mengering.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline