Oleh : Anggi Pratama Yudi Putra ( Mahasiswa Sejarah STKIP PGRI SUMBAR ), ditulis oleh Anggi pada Selasa,16 Desember 2014. Sebuah tugas artikel "SEJARAH PENDIDIKAN"
kunjungi anggi knaydug di (https://www.facebook.com/Knaydug)
Kita mulai saja dengan pendidikan yang ada di Indonesia, sebenarnya, pendidikan di Indonesia sangatlah hebat, Kenapa saya menyebut pendidikan di Indonesia itu hebat?. Ya, itu dikarenakan banyaknya orang - orang yang terpelajaryang berpengaruh di dalam pendidikan. Orang - orang yang berpengaruh inilah yang selalu mencantumkan namanya dalam suatu sejarah bangsa Indonesia yang menurut mereka itu baik dan mereka harus mengukir namanya didalam suatu sejarah yang sebenarnya menghancurkan bangsanya dan keturunannya sendiri.
Mari kita renungi bersama kapan suatu bangsa itu akan maju jikalau para penguasanya selalu menuruti egonya dalam mengukir namanya dalam suatu sejarah bangsa, mereka tidak menutupi kekurangan-kekurangan para pendahulunya namun lebih kepada mengukir namanya didalam sejarah. Mengapa saya mengutarakan demikian???, bayangkan saja, setiap pergantian presiden denagn kabinet-kabinetnya maka pendidikan pun akan ikut menjadi korban para penguasa yang ingin mengukir namanya didalam sejarah bangsanya, yang merubah sistem pendidikan pendahulunya, mereka tidak berpikir bagaimana caranya menutupi-menutupi kekurangan pendahulunya namun lebih kepada mengukir sejarah baru,begitulah seterusnya sampai saat sekarang ini, disetiap pergantian penguasa maka kurikulum juga berganti dengan yang baru tanpa memikirkan pendiodikan yang teromabang-ambing yang akan diberikan kepada bangsanya. keturunannya. maka timbulah pertanyaan "Kapan Pendidikan KIta Maju?" Jika pendidikan yang terombang-ambing apa yang akan terjadi pada bangsanya?
Saran saya, janganlah selalu menuruti ego tapi pikirkan bagaimana mentupi kekurangan. jika, kekurangan tertutupi maka semakin baiklah dan berubalah sejarah. Jika suatu sejarah berubah maka akan terukirlah "siapa Yang Merubahnya?'.
Jika kata-kata diatas muncul, maka untuk apalagi mengukir sejarah dengan rasa ego.
Permasalahan Ke 2 Hebatnya Penguasa Ruangan 6 x 12 (kelas)
Penguasa ruangan 6x12 semuanya adalah orang - orang terpelajar, orang - orang terpilih, orang - orang yang terbaik, mereka yaitu orang-orang yang sangat diagung-agungkan, disanjung-sanjungi oleh orang-orang kecil disekelilingnya,disetiap pagi mereka selalu ditunggu oleh orang-orang kecil yang butuh bimbingan, kasih sayangnya untuk menjadi besar suatu saat nanti.
SADARKAH PENGUASA RUANGAN 6 X 12 DENGAN HAL ITU???
Kami orang-orang kecil yang selalu setia menunggu penguasa ruangan 6x12 sangatlah membutuhkan bimbingan dari penguasa ruangantersebut, tapi kadang kami tidak habis pikir, bayangkan saja, seorang yang terpelajar, yang terpilih dan ytang terbaik sebagian bahkan kebanyakan dari mereka lebih menekankan bahwa dirinya adalah seorang penguasa bukanl;ah seorang pendidik yang terpelajar, yang terpilih, yang terbaik. kebanyakan dari mereka penguasa ruanagan 6x12 jarang yang peduli dengan orang prang kecil disekelilingnya, sehingga mengakibatkan si kecil pun banyak yang tidak menghargai orang orang yang terpelajar tersebut. mereka orabg orang terpelajar tetapi sebagian dari mereka tidak pandai menilai bahkan banyak dari mereka membedak-bedakan orang kecil di sekelilingnya.
orang orang yang selalu diam,duduk manis kebanyakan dari mereka bernasib bagus dimata penguasa 6x12. tetapi oarang - orang yang bertanya dan menjawab pertabyaan dari sang penguasa 6x12 dengan berharap bernasib bagus malah buruk dimata penguasa 6x12
Jadi timbul pertanyaan :
"benarkah kebanyakan dari penguasa 6x12 orang orang yang berpendidikan?'
"bagaimana cara mereka menilai?"
"apakah mereka tahu Evaluasi belajr?"
"tidakkah pernah mereka menjadi orang kecil??"
Saran saya semoga tuhan membuka pintu hati penguasa 6x12 kepada orang-orang kecil seperti kami.
(ini tulisan murni tanpa editan yg dikirimkan)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H