Lihat ke Halaman Asli

Bangunan-Bangunan dengan Desain Terunik di Jakarta

Diperbarui: 30 Oktober 2017   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota besar seperti Jakarta menyimpan banyak arsitektur-arsitektur unik yang dirancang oleh desainer lokal maupun mancangera. Beberapa gedung peninggalan Belanda menggambarkan arsitek khas Eropa yang tahan gempa. Di Yogyakarta misalnya, saat terjadi gempat tahun 2006 yang lampau, hampir rata-rata bangunan Belanda tidak ada yang hancur dan bahkan tidak ada yang retak. Belanda memang dikenal luas sebagai negara yang piawai dalam menciptakan aristektur dan interior yang kokoh dan tidak mudah goyang. Tidak heran jika beberapa landmark di berbagai dunia menggunakan tenaga arsitek dan bangunan dari Belanda. Termasuk juga di Jakarta. Beberapa desain bisa dijadikan inspirasi pembangunan, termasuk

Kota besar seperti Jakarta menyimpan banyak arsitektur-arsitektur unik yang dirancang oleh desainer lokal maupun mancangera. Beberapa gedung peninggalan Belanda menggambarkan arsitek khas Eropa yang tahan gempa. Di Yogyakarta misalnya, saat terjadi gempat tahun 2006 yang lampau, hampir rata-rata bangunan Belanda tidak ada yang hancur dan bahkan tidak ada yang retak. Belanda memang dikenal luas sebagai negara yang piawai dalam menciptakan aristektur dan interior yang kokoh dan tidak mudah goyang. Tidak heran jika beberapa landmark di berbagai dunia menggunakan tenaga arsitek dan bangunan dari Belanda. Termasuk juga di Jakarta. Beberapa desain bisa dijadikan inspirasi pembangunan, termasuk interior-interiornya. Di kawasan Jakarta Selatan rata-rata berdiri gedung-gedung dengan arsitektur menarik. Bagi yang ingin menirunya, bisa berkonsultasi ke interior design Jakarta Selatan.

Salah satu gedung yang unik adalah Menara Bakrie atau Bakrie Tower. Bangunan yang berada di Jalan HR. Rasuna Said atau dikenal dengan Kuningan ini sudah terlihat dari arah Tebet. Bentuknya dari depan terlihat lebar namun dari samping terlihat pipih. Dominasi warna hitamnya semakin membuat gedung ini tampak elegan dan artisitik. Kaca-kacanya menggunakan kerangka belah ketupat yang tampak seperti sisik. Belum lagi jika melihat interior di dalamnya. Konsep bangunan luar ruang dengan dalam ruang tampak serasi dan selaras sehingga tidak menjadi konsep yang terpisah.  Bekerja di gedung perkantoran ini bisa jadi menambah prestise karena letaknya yang berada di Segitiga Emas dan ditambah dengan kemegahan bangunannya.

Tetangga Bakrie Tower yang juga berlokasi di Kuningan dan tidak kalah menarik arsiteturnya adalah Menara Palma. Bentuknya seperti huruf A dengan sisi-sisi kanan kiri menggunakan kaca biru sedangkan di bagian tengah (trapesium) menggunakan kaca hitam. Uniknya, pada gedung ini sisi kirinya lebih panjang daripada sisi kanan. Mengapa demikian? Bisa ditanyakan kepada konsultan interior design Jakarta Selatan untuk mencari jawabannya. Jika tertarik membangun rumah model seperti ini, bisa menyewa jasa desainer interior untuk memberikan masukan-masukannya.

Gedung lain yang memiliki arsitektur menarik adalah Twin Plaza di Jalan S. Parman. Sebenarnya, seperti menara-menara kembar lainnya, tidak ada sesuatu yang menonjol dari kedua bangunan tersebut. Hanya saja, bangunan-bangunan permainan warnanya yang mirip warna pelangi (merah kuning hijau). Dan keunikannya adalah warna-warna yang timbul dari atas ke bawah juga memiliki tingkat gradasi. Tidak heran kalau Twin Plaza ini sering dilihat orang karena permainan desain warnanya.

Regatta Hotel adalah bangunan terunik lainnya yang berada di Jakarta. Hotel yang berdiri di atas tanah reklamasi ini jika dilihat dari atas pesawat seperti layar kapal yang sedang dibentangkan.  Seperti menara kembar, beberapa bangunan pencakar langit yang desainnya mirip Regatta tersebut juga berdiri gagah di samping. Jika masuk ke dalamnya, maka pengunjung akan mendapatkan desain interior yang juga tidak kalah menarik dengan bangunan luarnya.

Gedung unik lainnya adalah Menara UOB. Bagaimana tidak unik , kalau desain arsitekturnya dirancang mirip seperti mainan anak-anak Lego. Gedung perkantoran ini memiliki balok-balok yang menonjol. Apalagi warnya dominannya adalah biru kehijauan sehingga terasa dingin dan sejuk. Jika ingin dirancang ekesterior, bisa menghubungi interior design Jakarta Selatan.

So, apakah tertarik membuat karya bangunan seperti ini? Rancang konsepnya, cari referensinya, dan hubungi kontraktornya. Setelah itu, awasi pekerjaannya dan mintalah agar tim lapangan tidak mengabaikan hal-hal yang detil.

Selamat mencoba!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline