Lihat ke Halaman Asli

Sakit Hati Jika Dihapus!? Komentarlah yang Bermartabat

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1369274632808422342

Siapa yang membaca artikel/tulisan (anda) di Kompasiana!?

Mereka teman-teman yang ada di list pertemanan!? belum tentu. Coba lihat list teman-pertemanan, mungkin hanya 300, 400, 500an orang; atau sudah mencapai 1000an orang, bahkan lebih!? Sekarang, lihat artikel/tulisan terbaru atau 7 artikel yang terakhir anda publish; berapa banyak orang yang telah mengklik atau membacannya; kurang atu lebih banyak dari jumlah teman anda!?Jika kurang, maka tak semua teman, membaca artikel tersebut; jika lebih banyak, maka ada pembaca, yang bukan teman anda.

Lalu, siapa yang membaca tulisan tersebut selain teman-teman di list pertemanan!? Ada kemunkinan besar. mereka adalah pembaca yang juga member kompasiana, yang (mungkin) telah mencapai 200ribuan orang. Bisa jadi, mereka adalah pembaca diam, yang hanya menikmati tulisan anda, dan tanpa berkomentar.

Selain mereka siapa lagi yang menjadi penikmat tulisan/artikel di Kompasiana!? ya, mereka adalah pembaca yang datang dari media sosial. Mereka bisa menikmati tulisan/artikel anda, karena ada fitur di Kompasiana, yang memungkinkan banyak orang membacanya. Coba perhatikan fitur berikut [caption id="attachment_255461" align="aligncenter" width="157" caption="kompasiana.com/jappy"]

1369277983623236913

[/caption]

Berdasar fitur tersebut, seorang penulis di Kompasiana/Kompasianer, bisa tahu bahwa tulisan atau artikelnya di share ke media sosial. Dengan demikian, sangat jelas terlihat bahwa ada orang lain (yang bukan kompasianer) yang membaca artikel di Kompasiana.  Contoh, saya sangat tak yakin bahwa dari 239.665 pembaca artikel saya ini, adalah para penulis di Kompasiana; bisa jadi mereka adalah para pencari dan pemburu artikel di Dumay atau membaca karena ada pembaca yang telah mengshare melalui/di media sosial.

Dari pembaca Kompasiana dari/dan di Facebook (Fb Fans Page, Grup, Acount Pribadi) dan Twitter, bisa dikatakan datang semua strata dan berbagai latar belakang lainya. Pembaca dari FB, bisa dan biasa memberi komentar pada acount FB (artikel tersebut di share); namun kadang menyimpan jauh dari dari pesan yang terkandung dalam artikel. Pengguna Twitter (terutama dengan hp) ada yang ikut membaca artikel panjang seperti di Kompasiana!? mungkin ada; tapi pada umumnya mereka lebih suka retweet, bukan membaca.

Bagaimana dengan google+ dan Linked!? Bisa dikatakan google+ dan (terutama) Linked merupakan media sosial yang paling jelas profile serta data diri orang-orang atau penggunanya. Mereka yang gunakan google+ dan Linked, umumnya datang dari kelas menengah atas dan dengan info profesi, kegiatan, minat, yang jelas; sangat banyak info diri mengenai seseorang ada di Linkednya.

Dengan data diri/info profile seperti itu, dan mereka ikut membaca artikel di Kompasiana, kemudian mengshare di google+ dan/atau Linked (dan kemudian menyebar ke berbagai pelosok, terbaca oleh orang-orang dengan latar profesi yang berbeda-beda), maka itu berarti, ia/mereka menilai bahwa artikel/tulisan di Kompasiana (yang ia/mereka share) mempunyai bobot, kualitas, manfaat tertentu, atau bisa menjadi sumber informasi yang penting.

Itu sedikit mengenai pembaca tulisan/artikel di Kompasiana.

Lalu, di mana hubungannya dengan judul tulisan ini!?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline