Lihat ke Halaman Asli

Pancasila Masuk ke Dalam Kurikulum Pelajaran Agama, Apa pendapat Anda?

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1326330640315306808

PANCASILA

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

1326188937193675188

Masih ingatkah anda bunyi teks Pancasila, berurutan, dan tanpa salah!? Bagus, jika masih ingat dan tertoreh dalam jiwa dan hati mu.

Kini, coba tanyakan kepada banyak orang di sekitar anda, berapa banyak yang masih  ingat!? hmmmm ... mereka telah lupa dan lupakan.

Bahkan (mungkin) ada yang katakan, Pancasila tidak sesuai dengan iman dan ajaran agamanya. Dan apa jawab anda!? Tentu ...... dalam hati saja; atau juga berdebat atau melawan!?

Yang pasti, kini, banyak orang melupakan dan melawan Pancasila!? Sehingga, saya punya idea, idea aneh dan penuh keanehan, bagaimana jika PANCASILA masuk/atau menjadi bagian dalam (kurikulum) pendidikan Agama-agama di Indonesia.

MISALNYA, dalam pelajaran agama ada sistimatika/pokok bahasan, yang membahas butir-butir Pancasila menurut Agama tersebut; sehingga ada bahasan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa; Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab; Persatuan Indonesia; Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, menurut agama - aliran keagamaan - kepercayaan, dalam rangka membangun rasa cinta tanah air serta toleransi dalam/di hidup serta kehidupan berbangsa-bernegara.

JAPPY PELLOKIA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline