Lihat ke Halaman Asli

January ER

An Ordinary

Pentingnya Mendelegasikan Tugas

Diperbarui: 11 Juli 2021   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jelas untuk menumbuhkan bisnis membutuhkan keberanian untuk menyerahkan sebagian dari kekuasaannya atau untuk mendelegasikan hak yang telah diperolehnya sebagai seorang pemimpin.

Pendelegasian adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab atas suatu kegiatan tertentu kepada individu atau kelompok sehingga bobot (kinerja) sama dengan yang lain.

Berbagi wewenang dan tanggung jawab dengan orang lain adalah kegiatan bisnis yang mendasar. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengambilan keputusan dan proses operasional dalam perusahaan berfungsi dengan baik.

Dalam pendelegasian terdapat unsur-unsur seperti berikut ini :

Yang pertama ada yang dinamakan "Alokasi Tugas". Pemimpin harus terlebih dahulu memberikan atau mengalokasikan apa saja tugas dan wewenang yang akan diberikan kepada bawahannya sebelum benar-benar mendelegasikannya.

Selanjutnya adalah "Penugasan Tanggung Jawab". Dalam hal ini, pemimpin dapat meminta bawahannya untuk melakukan tugas dalam waktu yang ditentukan.

Selanjutnya adalah "Pelimpahan Wewenang". Pemimpin akan melimpahkan wewenang pada bawahannya untuk bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaannya. Bawahan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan karena memiliki rasa tanggung jawab dan kewajiban.
Dan yang terakhir terdapat unsur "Penciptaan Akuntabilitas". Akuntabilitas atau bahasa orang awam adalah pertanggungjawaban. Pemimpin harus mampu menciptakan tanggung jawab khusus untuk memastikan proses pendelegasian yang lancar.

Manfaat Pendelegasian

Pendelegasian dianggap penting lalu sebenarnya apa sih manfaat dari pendelegasian itu dalam sebuah perusahaan ?

1. Hemat Waktu

Sebagai seorang pemimpin atau manajer, Anda jelas membutuhkan lebih banyak waktu untuk aktivitas kerja yang sibuk. Pendelegasian memberikan ruang untuk melakukan hal-hal yang lebih penting dan tidak bisa untuk didelegasikan.
2. Memberdayakan Karyawan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline