Lihat ke Halaman Asli

Jani indra

KKN Univet 2021

Wedang Rujak untuk Daya Tahan Tubuh

Diperbarui: 1 Oktober 2021   01:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wedang Rujak/dokpri 

KKN Mandiri 2021 yang dilakukan mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang dilaksanakan di Dusun Donosari, Desa Karangbangun, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar.

Dimasa pandemi ini daya tahan tubuh semakin menjadi sorotan, pasalnya Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. 

Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat. Sebaliknya, bila daya tahan tubuh menurun, kuman mudah masuk, sehingga mudah sekali terserang penyakitpenyakit.

Jamu merupakan minuman berkhasiat yang dipercaya dapat mencegah berbagai macam penyakit. Berbagai jenis jamu dari berbagai daerah memiliki ciri khas dan berbagai khasiatnya bagi tubuh. 

Jamu biasanya disertai dengan berbagai komposisi tanaman yang memiliki efek meningkatkan daya tahan tubuh. Dan salah satu jamu yang dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh adalah  jamu Wedang Rujak.

Wedang rujak merupakan wedangan yang ber bahan dasar  serai, jahe, kencur, jeruk nipis, dan  gula batu. Dengan rasa yang asan segar dan hanyat di tengorokan tak khayal jamu wedang rujak menjadi pilihan minuman dikala hujan ataupun saat dirasa tubuh tidak enak badan.

Sosialisasi Wedang Rujak/dokpri

Dalam kesempatan ini di tanggal 30 Agustus 2021, Mahasiswa KKN Mandiri Periode 1 Universitas Veteran Bangunan Nusantara Sukoharjo, mengenalkan wedang rujak kepada masyarakat dusun Donosari dengan sistim pembagian dan sosialisasi secara langsung dari rumah kerumah, mengenai tentang cara pembuatan serta manfaat jamu wedang rujak ini. 

Diharapkan jamu wedang rujak ini menjadi salahsatu opsi yang mudah saat tubuh tidak enak badan, mengingat bahan bahan yang digunakan cenderung mudah ditemukan di sekitar rumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline