Lihat ke Halaman Asli

Tak Hanya Wangi, Aromaterapi Berpengaruh Baik pada Kesehatan

Diperbarui: 22 November 2023   09:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Aromaterapi merupakan salah satu jenis terapi alternatif yang mengandung minyak atsiri dan dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Aromaterapi mengaktifkan reseptor penciuman kita yang merangsang bagian otak yang berhubungan dengan kesehatan kita. 

Efek aromaterapi bisa berbeda-beda pada setiap orang. Terapi aromaterapi dilakukan dengan menghirup minyak esensial yang telah terbukti meningkatkan ketenangan emosional, ketenangan relaksasi, dan pemulihan fisik. Selain itu, aromaterapi memiliki manfaat kesehatan yang lain seperti membersihkan sinus dan mengatasi nyeri serta meredakan nyeri sendi. 

Aromaterapi dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang dialami oleh siswa. Faktanya, beberapa minyak atsiri seperti lavender dan chamomile telah terbukti secara ilmiah memiliki efek menenangkan dan dapat menciptakan lingkungan yang lebih santai untuk para murid. Hal ini dapat membantu siswa saat sedang stres mengejar deadline tugas atau stres saat ujian. 

Kekurangan tidur juga merupakan hal yang lumrah terjadi bagi para pelajar. Kesejahteraan emosional dan kemampuan kognitif siswa dapat terganggu jika kurang tidur. Para pelajar sering begadang untuk belajar dan berusaha mencapai prestasi akademis yang lebih baik atau mencapai tujuan ekstrakurikuler mereka. 

Oleh karena itu, aromaterapi relaksasi seperti lavender dan chamomile merupakan pengobatan yang ampuh untuk membantu para pelajar meningkatkan kejernihan pikiran dan membuat tidur lebih berkualitas. 

Selain itu, minyak atsiri yang lain seperti rosemary dan peppermint dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa sehingga dapat belajar secara lebih efektif. Penggunaan aromaterapi juga dapat meningkatkan mood. Aroma citrus, seperti jeruk dan lemon, sering kali dikaitkan dengan peningkatan kewaspadaan dan optimisme. 

Minyak ini dapat digunakan siswa untuk meningkatkan motivasi dan sikap. Oleh karena itu, para pelajar yang menggunakan aromaterapi biasanya bersikap lebih ceria dan memiliki rasa percaya diri yang kuat. 

Aromaterapi pun dapat bermanfaat untuk meringankan gejala kecemasan dan depresi. Aromaterapi dapat digunakan sebagai pengobatan sampingan untuk mendukung rehabilitasi. Namun, orang yang mengalami masalah kesehatan mental yang parah sebaiknya mencari bantuan ahli. 

Aromaterapi juga berguna untuk mengurangi agitasi dan agresivitas, seperti pada penderita demensia. Manfaat aromaterapi ini dapat membantu penderita demensia untuk lebih mengendalikan emosi. 

Penderita demensia sering kali mengalami gangguan ingatan, terutama kesulitan mengingat kejadian terbaru. Karena aroma tertentu juga dapat dikaitkan dengan ingatan, penderita demensia mungkin dapat mengingat sesuatu saat mereka mencium aroma tersebut. 

Aromaterapi dan meditasi adalah kombinasi yang sangat baik karena bermeditasi dengan aroma minyak esensial dapat memperdalam pengalaman meditasi. Menggunakan aromaterapi saat bermeditasi sangat baik untuk menciptakan keadaan tubuh yang santai. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline