Dalam konteks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-4, ANBK mendukung upaya global untuk meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat.
Pendidikan memegang peranan krusial dalam menunjang kehidupan manusia, dan kebutuhan akan implementasi serta pengembangan kajian pendidikan harus selalu disesuaikan dengan kondisi sosial masyarakat.
Dalam konteks pembangunan berkelanjutan, pendidikan memainkan peran sentral dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada aspek "Kualitas Pendidikan yang Baik."
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) memainkan peran krusial dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-4, yaitu "Pendidikan Berkualitas."
Salah satu target SDGs dalam bidang pendidikan adalah menjamin pemerataan pendidikan berkualitas dan meningkatkan kesempatan belajar untuk semua orang.
Hal ini meliputi pencapaian pendidikan yang inklusif dan berkeadilan serta mendorong kesempatan belajar sepanjang hayat.
Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan upaya terus-menerus dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang relevan dengan kondisi sosial dan kebutuhan peserta didik.
ANBK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memastikan bahwa setiap siswa memiliki akses yang merata dan kesempatan belajar yang adil.
Berikut penjelasan mengenai bagaimana ANBK berkontribusi pada tujuan SDGs 4:
1. Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata
ANBK dirancang untuk mengevaluasi kompetensi mendasar siswa dalam literasi membaca dan numerasi (matematika dasar).