Lihat ke Halaman Asli

Jandris Slamat Tambatua

TERVERIFIKASI

Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

Optimalisasi Ekonomi Kelautan: Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Pembangunan Ekonomi Biru

Diperbarui: 12 November 2023   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kapal-kapal nelayan bersandar (Dok. Pribadi)



Dengan 73 persen wilayahnya berupa lautan, Indonesia memiliki potensi ekonomi kelautan yang besar. Data Sekretariat Negara tahun 2022 mencatat bahwa ada 147 kabupaten/kota di wilayah pesisir dengan 1.3 juta penduduk miskin, termasuk nelayan dalam kategori desa miskin ekstrem.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dapat menjadi penyumbang utama kebutuhan pangan dunia, terutama dengan proyeksi bahwa dua pertiga konsumsi pangan pada tahun 2030 akan berasal dari sektor perikanan.

Kapal nelayan sedang menangkap ikan (Dok. Pribadi)

Badan Organisasi Pangan Dunia (FAO) memperkirakan permintaan ikan akan mencapai 70 persen di wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, Tiongkok, dan Jepang. 

Sektor perikanan mendapat manfaat besar dalam optimalisasi ekonomi kelautan (Dok. Pribadi)

Dalam konteks ini, sektor perikanan di Indonesia diprediksi akan mendapatkan manfaat besar dari meningkatnya permintaan pasar global.

Untuk membangun fondasi kuat dalam optimalisasi ekonomi kelautan, Indonesia perlu fokus pada pembangunan infrastruktur fisik dan non-fisik. 

Konsep ekonomi biru, yang menekankan pemanfaatan sumber daya laut dengan berwawasan lingkungan (Dok. Pribadi)

Konsep ekonomi biru, yang menekankan pemanfaatan sumber daya laut dengan berwawasan lingkungan, menjadi kunci optimalisasi ekonomi kelautan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, serta menjaga keberlanjutan ekosistem laut.

Kapal nelayan bersandar di muara (Dok. Pribadi)

Konsep ekonomi biru bukan hanya sebatas sektor perikanan, melainkan juga mencakup potensi lain seperti energi terbarukan, transportasi air, pengelolaan limbah pariwisata, dan mitigasi perubahan iklim. Dengan memanfaatkan berbagai aspek ini, Indonesia dapat memaksimalkan potensi optimalisasi ekonomi kelautan untuk kesejahteraan masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline