Lihat ke Halaman Asli

Jandris Slamat Tambatua

TERVERIFIKASI

Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

Tes Samapta untuk Menilai Kesiapan Siswa dalam Menjalani Pendidikan dan Karier di SMK Angkasa 1 Jakarta

Diperbarui: 4 Juli 2023   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tes samapta di PPDB 2023 SMK Angkasa 1 Jakarta (Dok Pribadi).

Uji Kompetensi Fisik dan Mental Siswa SMK Angkasa 1 Jakarta: Tes Samapta untuk Menilai Kesiapan Siswa dalam Menjalani Pendidikan dan Karir

Pendidikan menengah kejuruan, yang dikenal sebagai SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), memberikan pelatihan dan persiapan yang kuat bagi siswa untuk memasuki dunia kerja. 

Selain keterampilan teknis, siswa SMK Angkasa 1 Jakarta juga perlu memiliki kesiapan fisik dan mental yang baik agar dapat sukses dalam karir mereka. Untuk mengukur tingkat kesiapan siswa dalam aspek fisik dan mental, dilakukanlah uji kompetensi yang dikenal sebagai "Tes Samapta".

Pengarahan tes samapta (Dok Pribadi).

Tes Samapta dirancang khusus untuk siswa SMK Angkasa 1 Jakarta dan bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan fisik dan mental yang mungkin mereka hadapi di dunia kerja. 

Tes ini melibatkan serangkaian aktivitas dan pengujian yang menguji kemampuan fisik, daya tahan, dan ketahanan mental siswa. Dalam beberapa kasus, tes ini juga mencakup tes kesehatan untuk memastikan siswa dalam kondisi fisik yang baik.

Siswa-siswi mengikuti tes fisik uji kebugaran, push up (Dok Pribadi)

Pada tahap awal tes, siswa akan mengikuti tes fisik yang meliputi uji kebugaran, seperti tes lari, sit-up, push-up, dan tes ketahanan fisik lainnya. 

Tujuan dari tes fisik ini adalah untuk menilai kekuatan, kelenturan, dan daya tahan fisik siswa. Siswa diharapkan dapat menunjukkan kemampuan fisik yang memadai untuk menghadapi tuntutan kerja di berbagai bidang kejuruan.

Pengukuran tinggi dan berat badan (Dok Pribadi).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline