Lihat ke Halaman Asli

M. MUJAMIL

Mahasiswa

teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   22:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Perkembangan sosial dan kognitif adalah proses yang kompleks dan dinamis yang terjadi sepanjang hidup. Dua tokoh psikologi yang sangat berpengaruh dalam memahami perkembangan sosial dan kognitif adalah Lev Vygotsky dan Jean Piaget. Keduanya memiliki teori yang berbeda namun saling melengkapi dalam memahami perkembangan sosial dan kognitif.

*Teori Lev Vygotsky*

Lev Vygotsky adalah seorang psikolog Rusia yang hidup pada awal abad ke-20. Ia memiliki teori yang disebut "Teori Pembelajaran Sosial" yang menjelaskan bahwa perkembangan kognitif dan sosial anak terjadi melalui interaksi dengan orang lain.

*Konsep Utama Teori Vygotsky*

1. *Zona Perkembangan Proksimal*: Vygotsky mengemukakan bahwa anak memiliki zona perkembangan proksimal, yaitu kemampuan yang belum sepenuhnya dikembangkan namun dapat dikembangkan melalui bantuan orang lain.

2. *Pembelajaran Sosial*: Vygotsky menjelaskan bahwa pembelajaran sosial terjadi melalui interaksi dengan orang lain, seperti orang tua, guru, dan teman.

3. *Bahasa dan Simbol*: Vygotsky mengemukakan bahwa bahasa dan simbol memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif dan sosial anak.

*Teori Jean Piaget*

Jean Piaget adalah seorang psikolog Swiss yang hidup pada awal abad ke-20. Ia memiliki teori yang

[18/1 9.19 PM] Meta AI: Berikut adalah artikel tentang teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline