Lihat ke Halaman Asli

Aksi Peduli Joko Widodo di Kebun Raya Bogor

Diperbarui: 4 Januari 2016   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Inilah aksi presiden Joko Widodo saat melepas ratusan burung di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/1/2016). Presiden Joko Widodo memutuskan untuk membeli burung-burung itu di Pasar Pramuka, Jakarta Timur kemarin.

"Hari ini semuanya saya lepas di Kebun Raya," ucap Jokowi yang dikutip dari akun Facebook resmi Jokowi, Minggu (3/1/2016).
Menurut Jokowi pelepasan ini dilakukan karena populasi burung sudah banyak berkurang.  Jokowi mengatakan sering melepas ikan dan burung untuk menjaga ekosistem, terutama di kawasan perkotaan.

Karena dengan menjaga ekosistem dapat membantu kehidupan dimasa mendatang.

Perkotaan sekarang ini dalam kondisi alam yang kritis, karena perkotaan sudah banyak populasi yang tidak diimbangi oleh penghijauan. Sungai diperkotaan sendiripun sudah dicemari oleh limbah dan sampah yang tidak bisa lagi dihidupi oleh biota laut.

Presiden Joko Widodo begitu peduli dengan keseimbangan ekosistem dialam ini, karena dengan adanya aksi ini ekosistem di Kebun Raya Bogor dapat berkembang lebih banyak.“Burung harus dilindungi dan jumlahnya diperbanyak. Melepas burung atau melepas ikan di sungai upaya kita merawat keseimbangan alam," kata Joko Widodo.

Berdasarkan keterangan di facebook resmi Jokowi tersebut, burung-burung yang dilepas Jokowi berjumlah 190 ekor. Ada burung Jalak Kebo, Jalak Nias, Jalak Biasa, Kapasan, Puter, Perkutut, Kutilang Sutra, Kutilang Biasa, dan Trucuk.  Semua berasal dari Pasar Pramuka.

Pelepasan burung dilakukan dalam suasana santai, tanpa keprotokoleran. Bahkan, agenda ini tertutup dari media. Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan, pelepasan burung ini bukanlah kali pertama dilakukan Jokowi. Sebelumnya, pada Februari 2015 Jokowi melepas ratusan ekor burung di Istana Merdeka Jakarta dan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Tak hanya burung, Jokowi juga pernah melepas ikan-ikan di aliran sungan Ciliwung dan Kebun Raya Bogor. 

Presiden Joko Widodo pagi tadi melepas 190 ekor burung di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Tak hanya burung, Jokowi juga melepas ratusan ekor kodok dan biawak.

Informasi yang didapat dari fotografer Presiden Joko Widodo, Agus Suparto, acara pelepasan satwa itu dilakukan Jokowi usai berkegiatan di acara Car Free Day Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/1/2015).  Acara pelepasan merupakan acara pribadi dan tanpa keprotokolan Istana Kepresidenan dan aksi Joko Widodo ini tertutup dari media.

Ada tiga karung kodok berjumlah 150 ekor yang dilepas Jokowi ke tiga buah kolam. Kolam itu berada di halaman depan kompleks Istana Bogor.
Saat melepas kodok itu, Jokowi mendapati seekor biawak terjebak di dalam sebuah kotak saringan air.  Jokowi kemudian meminta petugas perawat kolam itu untuk melepaskan biawak tersebut ke dalam kolam. Karena biawak ini jika terjebak disaringan terus menerus, akan mengakibatkan kurangnya perkembangbiakan yang terbatas.

Sementara itu, Jokowi juga melepas sekitar 190 ekor burung. Burung-burung itu sebelumnya dibeli Jokowi yang ditemani putranya Kaesang Pangarep di Pasar Pramuka, Jakarta Timur kemarin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline