Lihat ke Halaman Asli

James Martua Purba

Digital Cooperative and Financial Enthusiast

Penerapan Omnichannel pada Koperasi

Diperbarui: 14 April 2024   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi omnichannel. (Dok Shutterstock via Kompas.com)

Penerapan Omnichannel paling ideal jika koperasi konvensional bertransformasi menjadi koperasi berbasis digital.

Berasal dari dua kata: omni dan channel. Omni artinya semua atau universal sedangkan channel adalah saluran. Banyak

koperasi sebetulnya sudah menjalankan omnichannel, yaitu ketika anggota koperasi (sebagai pemilik dan pelanggan) bertransaksi dan berkomunikasi dengan koperasi yang telah menerapkan platform digital omnichannel.

ONLINE -OFFLINE

Berbahagialah saat ini orang yang hidup pada 2 dunia: online dan offline. Transaksi dan perdagangan apa saja bisa dilakukan lebih efisien melalui platform digital. Khusus koperasi yang telah menggunakan platform ada 2 aktivitas dalam koperasi yang bisa dilakukan, yaitu:

(1) Flow of money (aliran uang) lazim dalam koperasi simpan pinjam (KSP)

(2) Flow oof goods (aliran barang) pada koperasi sektor ril/non simpan pinjam 

Dari sudut pandang koperasi simpan pinjam bisa flow money dulu, baru flow of goods. Ada uang, ada barang.

Banyak koperasi sebetulnya sudah menjalankan omnichannel, yaitu ketika anggota koperasi (peran ganda: sebagai pemilik dan pelanggan) bertransaksi dan berkomunikasi dengan koperasi yang telah menerapkan omnichannel. 

Namun pengertian omnchannel di sini adalah aplikasi yang dirancang untuk mengintegrasikan semua channel yang dimiliki perusahaan ke dalam satu platform/aplikasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline