Lihat ke Halaman Asli

James Mansula

Teaching is Passion, is not a Job

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 1 November 2024   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Hebat ...

Pada kesempatan kali ini, saya James Gerson Mansula Calon Guru Penggerak Angkatan 11 dari SMA Negeri Bolan Kabupaten Malaka akan memaparkan demonstrasi kontekstual modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.


Tugas dalam demonstrasi kontekstual kali ini, Bapak dan Ibu calon guru penggerak akan menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  

Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu calon guru penggerak kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. Video ini akan saya analisis menggunakan beberapa pertanyaan panduan yang ada pada LMS. 


Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Mewujudkan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan dan berpihak pada murid

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar

Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?

Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

Buat pertanyaan

  • Guru menuliskan kalimat “penyemangat belajar” di papan tulis, kemudian menanyakan “Setelah kalian membaca tulisan di papan tulis ini, kira-kira apa yang muncul dalam pikiran kalian?”

Ambil pelajaran

  • Guru menanyakan pertanyaan lanjutan, “apa yang kalian sukai dari kelas ini?”
  • Guru memberikan instruksi ke siswa untuk berkunjung melihat kelas 2 dan kelas 6 saat istirahat sehingga dapat melihat yang disukai untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat.
  • Guru juga meminta siswa untuk bertanya dengan siswa dari kelas 2 dan kelas 6 tentang apa yang mereka sukai.
  • Guru memandu jalannya diskusi kelompok

Gali mimpi

  • Guru menyiapkan alat/ bahan yang diperlukan
  • Guru meminta siswa untuk menutup mata dan membayangkan kelas impian yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar
  • Guru meminta menggambarkan kelas impian yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar
  • Guru memandu jalannya presentase kelompok

Jabarkan rencana

  • Guru membuat daftar kebutuhan ruang kelas impian
  • Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi hal-hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas impian

Atur eksekusi

  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berkontribusi menentukan peran dari setiap kelompok dalam pengerjaan kelas impian
  • Guru menanyakan waktu pengerjaan kelas impian
  • Memberikan dukungan dan semangat kepada siswa
  • Guru mendampingi siswa dalam menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan.

Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

  • Pemimpin yang berperan sebagai fasilitator yang memandu tahapan-tahapan sesuai dengan alur BAGJA
  • Pemimpin yang mengarahkan siswa untuk berkontribusi dan berkolaborasi aktif dalam kerja kelompok
  • Pemimpin yang berfokus pada berpikir berbasis kekuatan/ asset yang dimiliki
  • Pemimpin yang mengembangkan diri dan orang lain
  • Pemimpin yang memiliki kompetensi sebagai manajer yang dapat mengelola potensi yang dimiliki murid dan lingkungan sekolah
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline