Lihat ke Halaman Asli

James Mansula

Teaching is Passion, is not a Job

Perse Ende Kandas di Semifinal ETMC XXIX 2019

Diperbarui: 31 Maret 2020   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

dokumen pribadi

dokumen pribadi

Laga seru tersaji pada senin malam (22/07/2019) pada lanjutan partai semifinal ETMC XXIX Malaka antara juara bertahan PERSE Ende berhadapan dengan PERSAMBA Manggarai Barat, satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan sejak babak penyisihan.

Sejak peluit kick off babak pertama dibunyikan, Ende lansung tancap gas. Permainan bola-bola pendek membuat pemain Manggarai Barat cukup kerepotan untuk mengimbangi permainan Ende. Pada menit ke-4, Ende mencetak gol, tetapi wasit menganulir gol tersebut karena pemain Ende sudah dalam posisi offside. Empat menit kemudian, Ende kembali membuat peluang emas namun tendangan pemain depannya, berhasil ditepis oleh penjaga gawang Manggarai Barat. Hingga babak pertama usai, skor masih tetap imbang 0-0.

dokumen pribadi

dokumen pribadi

Dibabak kedua Ende masih tetap terlihat mendominasi permainan. Pada menit ke-49, gol Ende kembali dianulir wasit karena salah satu pemainnya sudah terjebak offside. Gol yang ditunggu Ende terjadi di menit ke-62. Menerima umpan silang mendatar dari sayap kiri, striker Ende dengan santai membelokan bola ke gawang Manggarai Barat. Skor berubah 1-0 untuk Ende.

dokumen pribadi

dokumen pribadi

Manggarai Barat bermain bukan tanpa peluang. Beberapa kali pemain Manggarai Barat juga mengancam pertahanan Ende. Salah satunya dimenit ke-80 lewat tendangan bebas di menit, tetapi kiper Ende berhasil menepis bola tersebut.

Nasib naas menimpa Ende dimenit-menit akhir babak kedua. Saat permainan seperti sudah dimenangkan oleh Ende, Pemain Manggarai Barat nomor punggung 20 tampil sebagai pahlawan. Tendangan kaki kanannya dari sudut sempit, tak disangka meluncur keras ke sudut kanan atas gawang Ende dan membuahkan gol balasan sehingga skor menjadi imbang 1-1.

dokumen pribadi

Permainan dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2x15 menit. Dibabak tambahan waktu ini, permainan sedikit berimbang. Faktor kelelahan membuat beberapa pemain mengalami cedera. Dimenit 94, pemain Ende harus ditandu keluar karena cedera. Dimenit 98, giliran penjaga gawang utama Manggarai Barat yang ditandu keluar karena tidak mampu melanjutkan permainan. Memasuki akhir babak tambahan waktu, terjadi keributan antara para pemain. Beruntung dapat ditenangkan oleh pihak keamanan.

dokumen pribadi

dokumen pribadi

Permainan berlanjut ke adu tendangan pinalti. Dari lima eksekutor pinalti Ende, eksekutor pertama dan kedua berhasil ditepis penjaga gawang Manggarai Barat. Sedangkan untuk Manggarai Barat, eksekutor yang ke-empat juga berhasil ditepis oleh penjaga gawang Ende. Eksekutor terakhir sekaligus penentu kemenangan Manggarai Barat, berhasil membobol gawang Ende dan mengantarkan timnya ke partai final dengan skor 3-4.

Dipartai final PERSAMBA Manggarai Barat akan berjumpa dengan tim tuan rumah PS Malaka pada hari Rabu malam (24/07/2019) di Lapangan Umum Betun pada pukul 18.00 WITA. Sedangkan PERSE Ende akan berhadapan dengan PERSADA Sumba Barat Daya untuk merebut posisi ke-tiga pada hari Selasa malam (23/07/2019) di Lapangan Umum Betun pada pukul 18.00 WITA.

FOTO : https://web.facebook.com/pg/etmc2019malaka/photos/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline