Lihat ke Halaman Asli

James Pinontoan

I am a Child of the GOD

Ayah Bisa! Pembentukan Karakter Bangsa Mulai dari Ayah Hebat; HAN 2023

Diperbarui: 24 Juli 2023   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

HAN 2023, Banggai Kepulauan (dokpri)

" Dalam keseharian, saya selaku ayah bangun paling pagi, dan langsung cuci piring..... !!! sontak tawa dua orang anak di belakang ayahnya saat membuat testimoni daily living pecah, dan merekapun larut dalam keceriaan karena adegan tiktok itu. Kedekatan anak dengan ayah di era ini boleh dikata semakin intim, setidaknya dari berbagai postingan di media sosial.

Paradigma bahwa tanggung jawab mengurus anak adalah kewajiban ibu sudah sedikit bergeser, peran ayah modern sudah banyak dipertontonkan, walaupun masih terdengar meski tidak terlihat adanya beberapa  kasus KDRT, dengan berbagai penyebab.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional ke 39, Minggu 23 Juli 2023, di Daya Tarik Wisata andalan, Pantai Pompon, Desa Lalong, Kegiatan yang dikemas dalam Tamasya ayah dan anak, Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, menekankan pentingnya membangun hubungan Ayah dengan anak dalam membangun ketahanan keluarga yang berkualitas. 

Program Malane Mola (bahasa Banggai yang artinya Laki-laki Bisa), bagi Bupati yang sangat getol mengedepankan pentingnya peran ayah dalam keluarga karena berdasar perintah Agama, dan juga berdasarkan berbagai penelitian  dalam jurnal akademis, tapi tentunya tanpa mengesampingkan peran penting ibu dalam tumbuh kembang dan proses pendewasaan anak.

Bupati dalam arahannya, menyebutkan tentang Mirror Neuron System, dimana manusia mempunyai kemampuan untuk mengalami dan melakukan imitation (peniruan), dan Modelling (membentuk perilaku) berdasarkan apa yang disaksikan dan diamati dan pada akhirnya akan membentuk empati ataupun antipati.

Oleh karena itu, Bupati yang lagi berbahagia karena berhasil mengawal kabupaten Banggai Kepulauan menjadi Kabupaten Layak Anak tahun 2023 dan mendapat penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menekankan secara tegas bahwa perilaku dan sifat Ayah yang diamati mulai dari masa kecil anak akan mengakibatkan perilaku generasi berikut yang seperti dilihat dan diperhatikan oleh anak bertahun tahun. 

Maka jadilah ayah yang mengayomi ibu dan anak, bertanggung jawab, dan berilah perhatian kepada anak lewat gestur, sentuhan wajar, dan ciuman paternalis yang akan menjadi ingatan positif anak, sehingga menjadi pengalaman menyenangkan serta menjadi empati dalam menjalani kompetisi masa depan yang gemilang bagi anak-anak Banggai Kepulauan.

Dalam kegiatan tamasya ini Bapak Ihsan Basir bersama Sekretaris Daerah Rusli Moidady dan beberapa Kepala OPD Banggai Kepulauan, menyempatkan diri untuk bermain game edukatif bersama anak-anak,  yang membuat suasana pantai Pompon yang terik menjadi sangat menyegarkan.

HAN 2023, Banggai Kepulauan (dokpri)

Di akhir kegiatan yang menarik ini, Bupati membacakan kisah Ibnu Sina, seorang ilmuwan di bidang filsafat dan dan kedokteran kepada anak-anak desa Lalong yang mendengarkan dengan antusias  dan berinteraksi langsung dengan orang nomor satu di Banggai Kepulauan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline