Lihat ke Halaman Asli

Jawanisasi Nasional

Diperbarui: 28 Oktober 2016   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: http://hadisyuja.blogspot.co.id/

Jawanisasi atau penjawaan adalah proses di mana budaya Jawa mendominasi, menyerap, ataumemengaruhi budaya lain secara umum. Kata "penjawaan" dapat berarti"untuk membuat menjadi Jawa dalam bentuk, idiom, gaya, atau sifat."Dominasi ini bisa terjadi dalam berbagai aspek, seperti budaya, bahasa,politik, dan sosial. 

Akan tetapi, istilah"Penjawaan" tidak semata digunakan untuk menggambarkan proses keluar, tetapi juga proses ke dalam. Istilah ini dapat pula menggambarkan adopsidan asimilasi pengaruh sosial-budaya asing ke dalam unsur-unsur budaya Jawa.Berbagai pengaruh asing ini "dijawakan", yaitu ditafsirkan danditerapkan sesuai dengan kerangka acuan, gaya, kebutuhan, dan kondisisosial-budaya Jawa.

Suku jawa yang sering disebut denganistilah Jawa ngoko: Wong Jowo, Krama:Tiang Jawi merupakan etnis/suku yangmempunyai populasi terbesar di Indonesia, selain itu suku jawa juga memilikipenyebaran yang sangat luas, hampir ke seluruh pulau besar di Indonesia.

Bahasa suku jawa dalam komunikasisehari-hari menggunakan bahasa jawa, namun dalah penggunaan bahasa jawa initerdapak perbedataan kosa kata dan intonasi yang disebut unggah-unggunh, halini dipengaruhi berbagai faktor, baik faktor usia, klasifikasi sosial. Sehinggadengan menggunakan bahasa ini mereka sadar akan status sosial di masyarakatnya.

 

Sumber:

AsalUsul Suku Jawa, Orang Jawa Harus Tahu!

Wikipedia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline