Lihat ke Halaman Asli

B2B E-commerce Indonesia yang Sedang Ramai Diperbincangkan

Diperbarui: 7 Januari 2016   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Perusahaan E-commerce saat ini memegang peranan penting dalam dunia modern di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Hampir semua kebutuhan gaya hidup saat ini telah dijangkau oleh perusahaan E-commerce. Dibalik munculnya perusahaan E-commerce di Indonesia yang menjual berbagai produk gaya hidup, ada satu perusahaan E-commerce yang bergerak di bidang yang berbeda, yaitu bidang industrial.  Ralali adalah salah satu perusahaan B2B E-commerce Indonesia yang menjual produk-produk MRO atau Maintenance, Repair, and Operations. Ralali merupakan PT. Raksasa Laju Lintang yang mulai aktif pada tahun 2013 yang menyediakan berbagai kebutuhan otomotif, GPS, alat ukur, peralatan listrik, dll..

Ralali, B2B E-commerce Indonesia Yang Berbeda

Ralali, sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2013 telah berkembang menjadi salah satu perusahaan B2B E-commerce Indonesia untuk produk-produk MRO. Sejak kemunculan pertamanya, hingga kini Ralali mengalami pertumbuhan perusahaan yang terhitung cepat. Ralali memperoleh funding pertamanya dari East Ventures pada bulan Juni 2014, hingga kini East Ventures masih menjadi salah satu sumber pendanaan Ralali meski pada pertengahan tahun 2015 Ralali juga telah memperoleh funding keduanya dari dua investor ternama Jepang. Kedua investor dari Jepang tersebut adalah Beenoz Plaza dan juga Cyber Agent Ventures. Kedua investor tersebut memberi suntikan dana sebesar USD 2,5 juta. Saat ini Ralali masih fokus untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan pada pasar Indonesia. Untuk pasar luar negeri, Ralali mengagendakan tahun 2016 akan mulai dijajaki karena sudah ada permintaan.

Persaingan B2B E-commerce Indonesia

Persaingan di dunia online B2B memang belum dialami oleh Ralali karena Ralali adalah satu-satunya perusahaan B2B E-commerce untuk produk MRO. Kompetisi yang dilakukan oleh Ralali adalah dengan pemain offline. Sistem profit yang diperoleh Ralali berasal dari pembagian komisi dengan berbagai macam vendor yang ada pada Ralali. Sekitar 40% klien telah menjadi pelanggan setia Ralali karena telah beberapa kali kembali berbelanja di website Ralali.com. Kini keberadaan Ralali sebagai B2B E-commerce Indonesia tidak bisa dikesampingkan begitu saja karena perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan dengan pertumbuhan terceat di Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Level Ralali sebagai salah satu B2B E-commerce Indonesia akan semakin meningkat dengan datangnya pendanaan dari beberapa investor.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline