Lihat ke Halaman Asli

"Day Trip" ke Versailles

Diperbarui: 27 Agustus 2018   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Karena saya mengunjungi Paris, tentunya saya ingin juga menjelajahi Versailles. Lokasinya tidak jauh dari Paris (berdasarkan peta yang saya lihat), dan ada beberapa tempat yang ingin saya lihat disana. Saya memutuskan untuk menyisihkan satu hari dari liburan saya untuk mengunjungi Versailles.

Untuk menuju Versailles dari Paris, Anda bisa menggunakan kereta RER atau coach bus yang berangkat dari Eiffel (Versailles Express). Saya memilih menggunakan RER line C karena jadwalnya yang lebih fleksibel. Harga tiket untuk satu kali perjalanan adalah 3.55, dan untuk memudahkan kita bisa langsung membeli tiket untuk pulang-pergi. Informasi lengkap mengenai transportasi publik dapat dilihat disini.

Tujuan utama tentunya adalah Chteau de Versailles beserta tempat-tempat di sekelilingnya. Tiket bisa didapatkan melalui website-nya, dengan beberapa pilihan tersedia. Antrian untuk masuk ke kastilnya sendiri bisa jadi sangat panjang, sehingga saya memilih untuk memesan tiket dengan jam yang sudah ditentukan, sehingga saya tidak perlu menunggu lama untuk masuk (pilih tiket dengan nama "Passeport Avec Rservation Horaire"). Harga tiketnya adalah 27 sudah termasuk dengan Grandes Eaux dan Jardin Musicaux. Bila Anda hanya ingin mengunjungi kastilnya saja, harga tiketnya adalah 18. Jangan lupa untuk cek jadwal buka setiap lokasi sebelum Anda pergi ke Versailles.

Saya menghabiskan cukup lama untuk mengagumi kastil itu sendiri, dan bangunannya memang lumayan besar juga. Dan memang, rame banget. Saya tidak tahu apakah ini hanya karena musim liburan atau bagaimana, tapi saya bersyukur saya membeli tiket dengan jadwal ditentukan. Saya juga menikmati taman di sekitar kastil sambil mengkhayal jadi ratu Prancis jaman dulu, tempat tinggalnya enak banget kalo gini sih. Oh iya, kalau ingin tahu cerita lengkap dan sejarahnya, tersedia banyak tour guide disini untuk membantu Anda.

Di sekeliling kastil dan di dalam taman banyak lokasi yang worth it untuk dijelejahi. Rasanya saya menghabiskan hampir satu hari penuh hanya untuk berkeliling disana. Terdapat juga Domaine de Marie-Antoinette yang terkenal beserta kastil-kastil lain seperti Les Chteaux de Trianon. Anda bisa mengikuti jalur pada peta wilayah yang tersedia, tapi saya hanya mengikuti kemana kaki melangkah dan memuaskan mata.

dokpri

Tidak terasa sehari dihabiskan keliling-keliling disana, tiba-tiba lapar. Untungnya, di dalam tamannya ini sendiri terdapat beberapa tempat makan. Saya memutuskan untuk mampir sebentar di brasserie di dalam taman Versailles untuk beristirahat dan mengisi perut sebelum mengejar kereta kembali ke Paris. Sayangnya saya tidak sempat mengunjungi dalam kota Versailles itu sendiri, namun bila Anda sempat, terdapat juga beberapa restoran yang layak dikunjungi di dalam kota Versailles.

Selesai sudah satu hari berkeliling Versailles. Jadwal kereta untuk kembali ke Paris cukup banyak dan fleksibel, Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline