Musim kampanye sudah tiba, tim sukses sudah siap dimana-mana....
Lembaga survey sudah siap dengan kontrak-kontrak baru untuk mengukur popularitas, elektabilitas dari calon pemimpin baru dimasyarakat.
Bahwa jagad media sosial akan segera hingar bingar, seperti pada saat pemilihan presiden yang lalu.
Timeline akan penuh dengan kampanye dari pihak-pihak yang ikut kontestasi.
Trus aku kudu piye ???
ya kamu kudu memanfaatkan moment ini dengan baik.
Segera mainkan, siapkan alat perangnya.
Siapakan tools untuk menarik data dari internet, khususnya dari media sosial seperti dari twitter, facebook, g+ dan lain-lain.
Data-data yang sudah ditarik bisa dimainkan untuk analisis. Bisa berupa sentimen analisis untuk pasangan calon, bisa juga analisis untuk popularitas
dan kalo memang mampu, bisa juga dimainkan dalam machine learning dan predictive analysis untuk perkiraan menentukan pasangan mana yang bakal menang dalam kontestasi pemilihan kepala daerah ini.
OK.. kalo gitu gimana caranya dan alat perangnya apa nih ?