Lihat ke Halaman Asli

Jaka Sandara

Penulis Lepas || Digital Marketing || Publishing || Edittor ||

Dr. Kenius Kogoya, S.P, M.Si: Suksesnya PON XX di Papua, Meski Dikurangi 10 Cabor

Diperbarui: 16 Januari 2023   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Era Baru Papua

Dalam memastikan bahwa PAPUA benar-benar menjadi tuan rumah pada PON XX maka perlunya ada kekuatan hukum yang pasti, agar semua persiapan yang akan dilaksanakan berjalan lancar tanpa ada keraguan dari KONI Papua, Panitia Besar maupun dari pemerintahan Provinsi Papua sendiri.

Oleh karenanya Presiden Jokowi pun telah memutuskan bahwa PON ke XX akan digelar di Bumi Cenderawasih yaitunya Papua. Dan semua pihak tentunya harus mendukung agar nanti kesuksesan PON XX di Papua adalah kesuksesan Bangsa Indonesia.

Sumber Foto: Era Baru Papua

Dan semua pihak harus benar-benar menghormati keputusan Presiden yang menetapkan Papua sebagai tuan rumah. Karena sebagaimana diketahui bahwa Indonesia memiliki banyak perbedaan mulai dari Adat, Agama, Bahasa, Budaya serta sosial yang beragam modelnya. Dengan adanya Keputusan Presiden, maka semua pihak ikut serta bekerjasama mensukseskan PON XX di Papua.

Kemudian juga yang semulanya cabang yang akan dipertandingkan dalam PON XX di Papua adalah sebanyak 47 Cabor, namun dipangkas menjadi 47 Cabor. Hal ini bukanlah rancangan dari Provinsi papua, tetapi atas koordinasi banyak pihak tak terkecuali dari Presiden Jokowi. Hal ini terdapat dalam rapat terbatas gubernur dengan presiden bahwa gubernur meminta penambahan anggaran pembangunan infrastruktur agar semua cabor mendapatkan fasilitas yang baik. Namun presiden berpendapat untuk mengurangi cabor yang akan di perlombakan saja.

Sumber Foto: Era Baru Papua

Dengan demikian Pengurangan cabor ini juga sudah melalui tahap koordinasi dengan berbagai pihak dan mendapatkan keputusan yang sama dan Tidak bisa dipungkiri kendati pun demikinan ada saja beberapa  provinsi yang merasa kecewa dengan dikurangi cabor pada PON XX di Papua tersebut.

Yang harus dipahami bahwa Daerah bisa memanfaatkan kejuaraan daerah, (kejuaraan) nasional, maupun internasional. Pada hakikatnya Tujuan PON ini bukanlah saling memperebut kemenangan hingga melupakan persaudaraan, jauh dari itu PON XX ini bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan anak-anak bangsa Indonesia.

Sumber Foto: Era Baru Papua

Kalau hanya soal prestasi bukan tujuan yang harus paling diutamakan, prestasi merupakan bonus dari perjuangan dan pengorbanan yang terjadi dalam sebuah proses.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline