Lihat ke Halaman Asli

Jaka Sandara

Penulis Lepas || Digital Marketing || Publishing || Edittor ||

Dr. Nahor Nekwek, S.Pd, MM Blusukan Langsung berhadapan dengan Masyarakat Tanpa Ada Batas

Diperbarui: 24 Desember 2022   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: EBPN

Bupati Kabupaten Yalimo Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M terus berupaya melakukan perubahan demi perubahan untuk memajukan Yalimo yang sedang ia pimpin, perubahan ini bukan hanya impian dan perencanaan semata tetapi memang kerja nya dan kerja pasti, seperti yang tertangkap oleh media bahwa Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M sering mengadakan blusukan / turun ke lapangan untuk untuk melihat kondisi faktual persoalan masyarakat secara real dan juga untuk melihat apakah setiap proyek pembangunan daerah berjalan sesuai dengan seperti apa yang telah ditetapkan dan direncanakan. Dengan demikian kejadian real di Lapangan dapat ia pantau dan lihat secara langsung.

Blusukan bukanlah hal yang baru namun Istilah bluskan ini jadi sangat populer ketika Presiden Jokowi sering melakukan peninjauan-peninjauan lapangan yang kemudian dikenal dengan istilah blusukan, yang berhadapan langsung dengan masyarakat tanpa adanya jarak. Tentunya hal ini patut dijadikan sebagai contoh demi Kabupaten Yalimo lebih maju ke depannya.

Sumber Foto: EBPN

Apa yang dilakukan presiden Jokowi saat blusukan ini dapat dijadikan pedoman untuk menetapkan sebuah kebijakan, menurut Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M seorang pimpinan tidak hanya bekerja di belakang meja saja atau hanya menerima laporan dari staff saja, tetapi juga harus melihat langsung kondisi di Lapangan, agar nanti kebijakan dan program yang kita lakukan tepat sasaran sehingga program yang dilaksanakan pemerintah berdampak pada kemajuan Daerah dan tidak sia-sia.

Sumber Foto: EBPN

Ini salah satu manajemen pemerintah yang sering terabaikan bagi sebagian orang, sudah saatnya pimpinan pemenintah memperhatikan secara detail, memang kita bisa melihat zoom out dari jauh, tapi juga perlu zoom in, melihat dari dekat. Sesekali penting kita mendengar laporan dari staf terkait, tetapi juga kunjungan kerja ke lapangan juga jauh sangat penting untuk melihat fakta di lapangan. Bupati Nahor Nekwek menambahkan, terkadang banyak kebijakan yang tidak berjalan dengan baik karena permasalahan detail di lapangan yang belum terselesaikan, yang hanya melihat laporan yang seakan-akan tidak ada masalah di Lapangan dan di Lapangan terlihat baik-baik saja, padahal banyak yang harus dibenahi dan diperbaiki. Ini lah yang membuat Masyarakat terkadang mengeluh kepada pemerintah, karena kita lupa merangkul secara langsung berhadapan dengan masyarakat tanpa ada pembatas.

Sumber Foto: EBPN

Harus kita sadari bahwa Pimpinan pemerintah pada hakikatnya bukanlah seorang raja yang harus selalu diagung-agungkan, tetapi jauh dari itu pimpinan pemerintah adalah pelayan bagi masyarakat yang harus selalu tau dengan apa yang sebenarnya yang terjadi di Lapangan, bukan hanya mendengar dari jarak jauh saja. Begitulah penting blusukan bagi bupati Yalimo tersebut.

Bupati Yalimo sudah mencontohkan blusukan ke pasar Mama Yalimo, ke Sekolah dasar Yakpesmi Abenaho, Mengunjungi SD YPK PASS VALLEY Distrik Abenaho, SD Yakpesmi Kesui melihat langsung pembangunan Gereja Abenaho, juga Meninjau RSUD Kabupaten Yalimo dan diberbagai tempat lainnya. Bupati Yalimo, sangat dekat dengan masyarakatnya, sebagai seorang Bapak maupun sebagai pemimpin daerah dalam setiap kunjungan Bupati Yalimo dengan hangat mendengar setiap keluhan warganya, ada energi tersendiri ketika warga berbicara langsung kepadanya. Hal ini akan tetap ia lakukan sebagai tanda cinta dan kasih kepada warganya.

Sumber Foto: EBPN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline