Lihat ke Halaman Asli

Menyajikan Slide Presentasi di Kelas Tanpa Proyektor

Diperbarui: 17 April 2023   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membuat pembelajaran yang menarik tentu dambaan setiap guru, berharap dapat memotivasi siswa belajar lebih giat, sehingga mereka terlibat dalam setiap proses pembelajaran yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Membuat media pembelajaran yang menarik membutuhkan kreatifitas guru, guru dapat melakukan berbagai inovasi pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna bagi seluruh siswa.

Pembuatan media pembelajaran dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia dillingkungan sekolah. Misalnya guru ingin menyajikan materi pembelajaran melalui slide presentasi, tetapi hal tersebut tidak bisa dilakukan karena ketersediaan sarana pembelajaran yang kurang memadai. Misalnya perangkat Proyektor yang terbatas. lalu bagaimanakah untuk mengatasi hal tersebut.?

Ditengah kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat, guru dapat memanfaatkannya untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Salah satunya dapat menggunakan platform Mentimeter. Mentimeter merupakan platform presentasi realtime yang memungkinkan presenter (guru) dapat berinteraksi dengan audiens (siswa). Presentasi virtual ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan sarana atau perangkat pendukung presentasi seperti layar dan proyektor. Penampil layar presentasi menggunakan perangkat gawai, laptop, atau komputer.

Setiap slide yang ditampilakan dari layar komputer guru ataupun melalui gawai, akan tampil pula diperangkat gawai siswa secara real time, asal terkoneksi internet. Sehingga setiap tayangan slide dapat disaksikan secara langsung oleh peserta didik. Sambil menyaksikan tayangan slide, guru bisa memberi penjelasan terkait slide yang tampil. Disamping itu, melalui platform mentimeter dapat dilakukan polling, tanya jawab, membuat pertanyaan secara real time sehingga dapat diketahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

Untuk dapat menggunakan platform mentimeter ini pengguna bisa mengunjungi laman https://www.mentimeter.com/ kemudian login, agar lebih mudah bisa login dengan menggunakan akun google atau akun media sosial seperti akun facebook. Setelah login, pengguna dapat membuat slide secara langsung atau mengimpor file dari perangkat. Setelah selesai kemudian membagikan kode slide presentasi pada siswa, agar slide bisa diakses secara langsung melalui laman mentimeter. Siswa tinggal memasukan kode yang diberikan oleh guru. Dan menyaksikan presentasi melalui layar gawai. Siswa membuka laman mentimeter kemudian memasukan kode yang diberikan oleh guru, tanpa harus login terlebih dahulu.

Platform Mentimeter ini ada dua versi. Ada versi yang gratis dan versi yang berbayar, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, tentu dengan fitur-fitur yang berbeda setiap versinya, dengan kelebihan dan kekurangan  masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline