Lihat ke Halaman Asli

Permbuatan Video Profil Kampung Seni Dusun Mentaraman oleh Mahasiswa UM sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat

Diperbarui: 15 November 2022   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

MENTARAMAN, PAGELARAN - Dusun Mentaraman adalah salah satu dari empat dusun yang ada di Desa Pagelaran, Kabupaten Malang. Dusun Mentaraman telah menjadi dusun yang berbasis eduwisata bersama dengan Dusun Krajan yang menjadi kampung eduwisata gerabah. Sedangkan di Mentaraman sendiri menonjolkan dusun mereka sebagai dusun seni atau kampung seni dengan beberapa sanggar seni yang ada pada dusun tersebut.

Meskipun kampung seni eduwisata Dusun Mentaraman baru saja dirintis, namun Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang kampus mereka menjadi mitra dari Desa Pagelaran sigap membantu Dusun Mentaraman untuk mem-branding dusun tersebut menjadi kampung eduwisata.

Ada berbagai macam media untuk mempromosikan Dusun Mentaraman. Salah satu media yang paling efektif adalah melalui video. Pariwisata di Dusun Mentaraman sebelumnya hanya menggunakan brosur atau leaflet yang disebar di berbagai media sosial sebagai wadah promosi untuk mengenalkan beragam objek pariwisata terutama seni karawitannya.

Oleh karena itu diperlukan video untuk menyampaikan informasi secara lengkap karena di dalamnya mempunyai 5 unsur multimedia, yaitu gambar, animasi, suara, teks, dan video itu sendiri.  Sehingga diharapkan informasi yang diperoleh semakin lengkap.

Video profil yang dibuat oleh mahasiswa UM ini berupa video profil pariwisata meliput tentang sanggar seni karawitan yang ada di Dusun Mentaraman. Dalam video tersebut disajikan tentang musik karawitan, alat-alat musik karawitan, dan sanggar-sanggar karawitan. Diharapkan dengan pembuatan video profil ini dapat menjadikan Dusun Mentaraman sebagai alternatif wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline