Lihat ke Halaman Asli

Kategori "Perintah"

Diperbarui: 29 Juli 2016   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kata kerja perintah atau fiil amar (فعل الامر) digunakan untuk memerintah, meminta melakukan sesuatu. Menurut kitab Sulamul munawwaroq , dari sudut pandang tingkatan siap yang memerintah dan siapa yang diperintah, ungkapan perintah dengan menggunakan fiil amar ini dikategorikan menjadi tiga:

  • Amar (امر), Istilah yang digunakan apabila pemberi perintah lebih tinggi tingkat derajatnya dari pelaksana perintah. Dalam hal ini, istilah yang sinonim dalam bahas Indonesia: Instruksi, titah, sabda, subordinasi. Sebagai contoh adalah Sabda Tuhan pada hamba-hambanya, Titah Raja pada sahayanya, Instruksi atasan pada bawahannya.
  • Du`a (دعاء), istilah yang digunakan apabila pemberi perintah lebih rendah tingkat derajatnya dari pelaksana perintah. Sinonim yang mungkin dalam hal ini adalah permohonan. Contoh untuk hal ini adalah do`a yang dipanjatkan hamba pada Tuhannya, permohonan rakyat pada pemimipinnya.
  • Iltimas (التماس). Istilah yang digunakan apabila pemberi perintah sama tingkat derajatnya dari pelaksana perintah. Sinonim yang mungkin untuk iltimas adalah permintaan.

Bait dalam Sulamul munawwaroq :

امر مع الستعلاء وعكسه الدعاء .. وفى التساوى فالتماس وقع

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline