Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila melalui Kegiatan P5 di SMP Thoriqotun Najah

Diperbarui: 23 Maret 2023   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Secara umum dalam dunia pendidikan, tujuan P5 dalam pembelajaran di sekolah yaitu untuk mencetak anak bangsa yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila. Salah satu sekolah yang menerapkan P5 yaitu SMP Thoriqotun Najah. Sekolah ini berlokasi di Jl. Sidomukti, Pagentan, Kec. Singosari, Kab. Malang.


Di SMP ini, kegiatan P5 dilakukan berdasarkan tema yang dipilih yaitu kearifan lokal. Kegiatan ini dilakukan pada 21 Maret 2023. Kegiatan dilakukan oleh siswa kelas 8 sebanyak 15 siswa. Program P5 ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran antara lain IPS, bahasa Indonesia, dan Prakarya. Kearifan lokal yang diangkat pada kegiatan kali ini yakni produksi cobek batu hitam di desa Toyomarto.


Kegiatan ini dilakukan agar siswa mengenal potensi di wilayah sekitar sekolah. Selain itu siswa dapat memahami sejarah dari budaya masyarakat desa Toyomarto dalam memproduksi cobek batu melalui wawancara. Dalam kegiatan ini siswa juga belajar untuk praktik secara langsung terkait prosedur pembuatan cobek batu mulai dari tahap awal hingga tahap finishing.

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Menurut pemilik usaha cobek batu (Bapak Ghofur) menyatakan bahwa program pembelajaran siswa yang seperti ini sangat bagus untuk dilakukan karena selain mengenalkan potensi daerah, juga bisa menjadi pembelajaran siswa dalam mengenal lingkungan wirausaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline