Lihat ke Halaman Asli

Hidup Matinya Manusia adalah Sesosok Zombie

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hari ini ku akan sedikit menuangkan pandangan akan makna dari MANUSIA itu sendiri. Sebenarnya apa definisi manusia? Untuk apa manusia ada? Benarkah manusia itu adalah kita? Atau kita hanya seonggok daging dan tulang yang berjalan?

Suatu makna yang mudah dimengerti bahwa manusia adalah sebuah Maha Karya yang Tuhan ciptakan.
Dalam bahasa Inggris MAN berarti = SESEORANG  (anggap saja seorang Laki-Laki dan Perempuan) dan USIA Memberikan kita sebuah makna bahwa kita adalah ciptaan Tuhan yang memeliki struktural yang paling komplex. Sulit untuk diterjemahkan. Dengan kekomplex an dan anggapan bahwa manusia adalah makhluk sempurna. Yang menyebabkan manusia memiliki dan mampu berubah wujud sesuai kehendak dan kemauan mereka. Konsep kesempurnaan inilah yang terkadang disalah gunakan oleh mereka yang menganggap dirinya sempurna, mereka yang merasa memiliki kecerdasan otak paling tinggi, mereka yang merasa memiliki kekuasaan. SATU yang mereka tidak miliki adalah perasaan. Jadi tak hayal jika ada sebuah pepatah yang mengatakan " MANUSIA ADLH SRIGALA BAGI MANUSIA ITU SENDIRI" perwujudan manusia yang rakus dan haus. Merasa lebih kuat tak satupun dipersilahkan lewat, merasa memiliki taring dan kuku yang tajam siap mencengkram segala sesuatu yang mengancam. Manusia seperti ini pasti tidak ingat akan USIA. Usia yang ku jabarkan disini bukan hanya berarti Umur kita! Usia menurut pandanganku adalah WAKTU KITA BERHENTI, WAKTU KITA KEHILANGAN dan WAKTU KITA DITINGGALKAN. Kekuatan yang kita miliki akan hilang, kejahatan yang dilakukan akan dihilangkan dan teman teman yang kita miliki akan meninggalkan. Karenanya hidup yang seharusnya adalah hidup selayaknya POHON yang menghasilkan BUAH. Senantiasa MEMBERI manfaat dan SIAP diambil manfaatnya untuk kepentingan orang lain. Sebutir buah kejahatan yang kita tanam akan tumbuh besar menjadi sebuah POHON yang akan menumbuhkan butir butir kejahatan yang lain. Karenanya jangan sekali kali kita berani menabur butir kejahatan itu.

Teringat dibenakku akan kartun hewan purba yang sangat HEROIK. "Puba.. Puba.. Pubaaa.." Yaa inilah MARSUPILAMI hewan purba yang ku maksud. Hewan purba Berspesies MARSU dengan Ordo PILAMI. Hewan yang siap menjaga dan menolong Hutan Tempat tinggalnya dan keluarga yang ia cintai. Namun cerita adalah tinggal cerita hewan ini telah punah. " MARSU telah MATI" goodbye MARSU DIE.. Adapun kalau hari ini kita melihat MARSUPILAMI itu. Itu merupakan MARSU yg telah MATI. Yang hanya terdiri dari seOnggokan Daging dan Tulang. MARSU DIE bukan heroik lagi, hilang sudah fikiran dan jiwanya. Hilang sudah rasa kasih sayangnya. MARSU DIE sudah menjadi sesosok ZOMBIE yang siap membunuh dan siap mengambil kehidupan kita yang masih "Hidup dan berfikir". Karenanya kita harus berhati hati dalam mencari seorang sahabat jangan sampai kita TERJEBAK! Dan sesuatu yang paling mengerikan di dunia ini ketika kita diPimpin oleh sesosok ZOMBIE.

Maksudnya?

Pemimpin yang tidak memiliki Hati, yang tidak memiliki Akal fikiran layak kita sebut ZOMBIE. Atau dalam cerita kartun Marsupilami kita sebut Marsu yang telah mati (MARSU DIE).

"Bhineka Tunggal Ika" inilah makna manusia sesungguhnya. Dengan kekomplexan nya (akal, fikiran, jiwa) semuanya tetap berada didalam satu tubuh yang tegap yang kita namakan MANUSIA.

Sekian dan Selamat siang kawan.

#jack




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline