Lihat ke Halaman Asli

Tips Bisnis Online

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Semua bisnis itu baik, tidak ada yang paling baik. Maka saya pasti berbohong jika mengatakan bahwa internet marketing adalah satu-satunya bisnis dan yang paling baik. Ada sangat banyak macam bisnis yang bisa kita tekuni dan semuanya baik. Jadi tidak ada yang paling baik. Yang ada hanya yang paling baik bagi "kita", dan ini adalah bisnis yang paling sesuai dengan karakter "kita" (meliputi keinginan, hobi, dan gaya hidup). Nah, jika Anda sudah membaca tulisan saya tentang bisnis online kemudian merasa tertarik untuk mencoba bisnis online atau internet marketing, saya punya beberapa tips bisnis online untuk Anda. Tips-tips ini sebagian juga berasal dari pengalaman saya selama menjalankan bisnis online. Samasekali bukan bermaksud untuk mengatakan bahwa saya lebih paham daripada Anda tentang bisnis online. Saya telah banyak melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan sebelum akhirnya sampai sejauh ini. Jadi mudah-mudahan tips bisnis online ini bisa membantu Anda untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti yang pernah saya lakukan.

1. 1. Berfikir realistis dan rasional. Yup, dulu saya berfikir bahwa internet marketing = bisnis gampangan, internet marketing = bisnis instan, internet marketing = bisnis murahan dan seterusnya. Ternyata, tidak ada yang semudah membalik telapak tangan selain "membalikkan telapak tangan" itu sendiri. Tidak ada kesuksesan yang instan dan ada harga yang harus kita bayar untuk meraih kesuksesan itu. Meski bisnis online memang gampang, cepat menghasilkan dan murah, kita tetap harus berfikir realistis dan rasional. Ini akan sangat membantu kita dalam menyikapi penawaran-penawaran bisnis online yang sangat marak dewasa ini. Mindset keliru saya dulu mendorong saya melakukan banyak kesalahan, saya banyak menghamburkan waktu, tenaga dan yang pasti uang. Jadi, berfikirlah realistis dan rasional.

2. 2. Lakukan dengan tertib dan tekun. Jika Anda dalam sehari hanya bisa mengalokasikan waktu 1 jam untuk menjalankan bisnis online ini tidak apa-apa dan sudah cukup. Yang terpenting lakukan secara terus-menerus dengan tertib dan tekun. Ini lebih baik daripada Anda melakukannya tidak tertib dan secara acak.

3. 3. Jalani dengan tenang. Jika saat ini Anda sudah memiliki pekerjaan, syukur...dan jangan terburu-buru berhenti dari pekerjaan Anda. Jalankan dulu sebagai bisnis sampingan. Nanti jika Anda sudah menghasilkan dalam bisnis ini dan ingin full menekuninya boleh saja kemudian Anda "resign" dari pekerjaan Anda. Sebab meski bisnis online ini bisa kita jalankan kapan saja juga dibutuhkan ketenangan. Memiliki pekerjaan tentu membuat kita lebih tenang, apalagi jika Anda sudah berkeluarga saya sarankan untuk membicarakan terlebih dahulu tentang rencana menjalankan bisnis online ini. Ini akan jauh lebih baik dan memberi ketenangan berfikir.

4. 4. Jangan mengganggu usaha yang sudah berjalan. Jika saat ini Anda sudah memiliki usaha sendiri, jangan sampai ini mengganggu dan justru mengurangi nilai bisnis Anda saat ini. Justru sebaliknya, dengan internet marketing ini Anda bisa meningkatkan penjualan atas produk-produk yang Anda tawarkan dan juga menambah luas jangkauan pemasaran produk Anda.

Kemudian, yang terpenting dari itu semua adalah membentuk "mindset internet marketing" kita. Dunia internet marketing ini akan terus berkembang dengan sangat dinamis, akan ada banyak bermunculan peluang-peluang baru di dunia bisnis internet. Nah, sekali kita sudah memiliki "mindset internet marketing" maka kita akan bisa dengan sangat mudah menemukan dan membaca peluang-peluang itu. Bagaimana membentuk "mindset internet markeing" ini ?. Kita tidak perlu khawatir, ini akan terbentuk dengan sendirinya seiring proses belajar dan latihan yang kita lalui.

Okey, itulah beberapa tips yang bisa saya sharing untuk saat ini. Jika suatu saat saya menemukan sesuatu yang baru dan baik saya tidak akan ragu untuk menshare-nya kembali.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

J. Alamsyah, Kediri, artikelwirausaha.com

Berbagi tak pernah rugi, silakan menyebarluaskan tulisan ini dengan tidak merubah apapun didalamnya

Lihat tulisan lainnya, silakan klik disini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline